Dianggap Tak Menguntungkan, Dewan Bisa Tolak Perubahan Status PD Aneka Usaha

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Usulan perubahan status PD (Perusahaan Daerah) Aneka Usaha menjadi PT (Perseroan Terbatas) bisa jadi tak semulus yang dibayangkan. Pasalnya, DPRD Sidoarjo bisa saja menolak usulan itu jika dianggap perubahan status tersebut tidak menjanjikan keuntungan atau penambahan pendapatan bagi Pemkab Sidoarjo.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H Sulamul Hadi Nurwaman kepada awak media, Selasa (14/06). Panitia Khusus (Pansus) VI yang bertugas membahas Raperda tersebut bisa saja memberikan penolakan jika perubahan status PD menjadi PT tidak memiliki manfaat bagi kesejahteraan warga Sidoarjo, khususnya melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita akan bahas secara fair dan rasional Raperda ini. Jika Bussines Plan-nya memang bagus, ya dilanjut. Namun jika tidak jelas arahnya, akan kita tolak,” ujar Ketua DPRD Sidoarjo, yang akrab disapa Gus Wawan itu.

Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa itu juga mengatakan jika Raperda bisa dilanjutkan dan disepakati, pihak pengusul yakni PD Aneka Usaha harus memiliki ancang-ancang usaha yang menunjukkan bahwa mereka bisa menambah pendapatan jika statusnya berubah menjadi PT.

“Kalau saya lihat, sangat wajar apabila PD menjadi PT jika arahnya untuk mendapatkan keuntungan. Makanya, Bussines Plan seperti apa yang ditawarkan PD Aneka Usaha ketika jadi PT ini nanti,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Fraksi PDIP, Tarkit Erdianto yanh meminta agar Pansus VI berkonsentrasi mengupas Bussines Plan PD Aneka Usaha dalam rangka menjadi PT. “Harus jelas dulu Bussines Plan-nya,” ujarnya.

Tarkit menambahkan, jika Bussines Plan yang dipaparkan dinilai tidak masuk akal dan tidak menguntungkan Kabupaten Sidoarjo, maka pihaknya akan menginstruksikan anggota F-PDIP yang menjadi anggota Pansus VI untuk menolak perubahan PD Aneka Usaha menjadi PT. “Kalau perubahan status menjadi PT tidak menguntungkan Pemkab Sidoarjo yang imbasnya pada warga Sidoarjo, kenapa harus disetujui? Bisa saja kami akan menolaknya,” pungkasnya.(kur)

Keterangan Gambar: (tengah) Ketua DPRD Sidoarjo, H Sulamul Hadi Nurmawan.(ist)

Recommended For You