ADAKITANEWS, Kota Blitar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diberinama Ir Soekarno, Kamis (06/04) siang. RPP ini merupakan program KPU Pusat untuk media sosialisasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Jawa Timur, Moh Arbayanto mengatakan, Jatim menjadi pilot project RPP karena dinilai sebagai daerah yang tinggi partisipasinya dalam pilkada. “38 KPU Kabupaten/Kota di Jatim yang akan didirikan RPP ini. Selama ini tingkat partisipasi pemilih Jatim dalam pemilu di angka 60 – 70 persen. Diharapkan dengan hadirnya RPP ini akan meningkat pengetahuan dan tingkat partisipasi warga dalam pemilu, terutama bagi pemilih pemula. Sehingga juga kita harapkan bisa menjadi edukasi,” jelasnya, Kamis (06/04).

Dengan anggaran Rp 35 juta, lanjut Arbanayanto, bagi tiap-tiap KPU Kabupaten/Kota diharapkan ada inovasi dan kreatifitas agar masyarakat tertarik untuk datang ke RPP.

“Kami mengapresiasi keberadaan RPP Ir Soekarno ini, karena sudah memenuhi standar rumah pintar. Yakni ketersediaan ruang audio visual, simulasi, display, dan forum grup diskusi,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono, kehadiran RPP ini dinilai sangat membantu dan memudahkan tugas KPU Kota Blitar sebagai penyelenggara Pemilu.
“Selama ini memang KPU Kota Blitar tidak ada dana untuk sosialisasi dan edukasi terutama bagi pemilih pemula, kecuali dalam proses pilkada. Dengan hadirnya program RPP KPU Pusat ini, tugas kami jadi lebih ringan karena setiap saat masyarakat bisa tahu tentang semua hal terkait Pemilu,” katanya.

Untuk diketahui, RPP Ir Soekarno akan buka tiap hari kerja, dari Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Dalam pembukaan RPP Ir Soekarno tersebut, juga diundang seluruh elemen masyarakat, termasuk perwakilan pelajar se-Kota Blitar sebagai calon pemilih pemula.(blt2)

Keterangan foto: Moh Arbayanto, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Jawa Timur saat launching RPP Ir Soekarno.(foto : fathan)