ADAKITANEWS, Kota Kediri – Sri Martini, 78, warga yang tinggal bersama dua cucunya di rumah kos kawasan Kelurahan Lirboyo RT 3/RW 4 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri terancam dipidana. Pasalnya, ia diduga telah mengeksploitasi kedua cucunya untuk menjadi pengemis.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Triono Kutut saat ditemui Tim Adakitanews.com mengaku pihaknya sudah dua tahun ini mengupayakan nenek serta 2 cucunya itu agar kehidupannya bisa lebih layak. Namun terakhir kali, yakni beberapa bulan yang lalu saat Dinsos bersama pihak Kelurahan setempat berupaya memindahkan mereka, Sri justru menolak.

“Kita sudah upayakan, bahkan pihak keluarga menyanggupi untuk merawat mereka. Sebenarnya keluarganya masih ada yaitu keponakannya, namun memang tetap saja Mbah Sri melakukan eksploitasi dengan mengajak kedua cucunya mengemis,” cakapnya Senin (27/03) siang.

Kutut menegaskan, pihak Dinas Sosial akan tetap berupaya semaksimal mungkin memindahkan dan merawat Sri serta kedua cucunya. Namun, jika tetap tidak mau, persoalan Sri akan dibawa ke ranah hukum. “Nanti kalau memang nenek itu tetap melakukan eksploitasi maka akan kita pidana,” imbuh Triono Kutut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sri Martini, atau yang akrab disapa Mbah Sri diketahui sudah sekitar setahun tinggal di rumah kos di kawasan Kelurahan Lirboyo bersama dua cucunya yang masih berumur 7 dan 4 tahun. Meski dulu sempat bekerja sebagai penjual gorengan, kini Sri terpaksa hanya mengandalkan belas kasih tetangga lantaran sudah tidak sanggup lagi bekerja.(kdr4)

Keterangan gambar : Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Triono Kutut.(foto:fasihhuddin kholili)