ADAKITANEWS, Blitar – Sebuah Peternakan Babi milik AV, warga Malang, yang ada di Dusun Sendung Desa Tembalang Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar digerebek polisi, Selasa (23/01) siang. Petugas yang datang ke lokasi langsung melakukan pemeriksaan ke sejumlah titik pembuangan limbah. Hasilnya, pemilik kandang diduga melanggar amdal karena tidak melakukan pengolahan sebelum membuang limbah ke kali.

Yuliatin, warga yang rumahnya bersebelahan dengan kandang mengatakan, adanya aktivitas kandang babi berdampak pada polusi udara yang mengganggu pernafasan warga. Ia mengaku, warga yang terganggu dengan aktivitas peternakan juga pernah melakukan aksi protes.

“Kita sebenarnya sudah pernah melakukan protes, tapi pemilik kandang sepertinya tutup telinga dan membuat warga kesal,” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya menjelaskan, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan di sejumlah titik pembuangan limbah peternakan babi, petugas Satgas Pangan Polres Blitar menemukan adanya indikasi kecurangan pemilik kandang dengan langsung membuang limbah padat maupun cair ke kali tanpa melewati proses pengolahan sebelumnya.

Limbah peternakan itu dibuang oleh pemilik melalui saluran pembuangan yang ada di bawah sungai irigasi sehingga nyaris tak terlihat.

“Dari hasil pemeriksaan di sejumlah titik, kita menduga pemilik kandang ini telah melanggar izin amdal, karena proses pembuangan limbah cair maupun padat tidak melalui pengolahan,” kata AKBP Slamet Waloya.

Tak hanya itu, lanjut Kapolres, peternakan dengan kapasitas 1.126 ekor babi dengan luas kandang sekitar 700 meter persegi itu juga melanggar izin usaha dengan tidak memperpanjang perizinan sejak tahun 2009.

“Izinnya sejak tahun 2004 hingga 2009, setelah itu tak memperpanjang lagi. Sehingga adanya temuan pelanggaran ini, pemilik kandang diduga melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman hukuman antara 1 hingga 3 tahun penjara,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas Satgas Pangan Polres Blitar, pemilik kandang sedang tidak berada ditempat. Sehingga petugas memasang garis police line di kandang babi tersebut.(fat/wir)

Keterangan gambar: Petugas Satgas Pangan Polres Blitar saat melakukan pemeriksaan di lokasi.(foto : fathan)