Diduga Tercemar Limbah, Ikan Milik Petambak di Sidoarjo Mati

909

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Ikan-ikan di tambak milik warga, di kawasan pergudangan wilayah Desa Rangkahkidul Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo mati. Para petambak menduga, hal itu akibat adanya pencemaran limbah di tambah mereka.

H Fauzi, 58, salah satu petambak asal Desa Bulusidokare Kecamatan Sidoarjo mengatakan, matinya ikan di tambak miliknya sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Fauzi mengetahui hal itu saat menguras tambak seluas 8 hektare miliknya, dan mendapati berbagai jenis ikan mati. “Sudah dua hari ini ikan-ikan di tambak saya mati. Rugi banyak saya, sekitar Rp 50 juta. Ada ikan bandeng, bader, dan nila,” kata Fauzi kepada wartawan, Minggu (04/12).

Tak hanya Fauzi, beberapa petambak lain juga mengaku rugi atas peristiwa tersebut. Diantaranya Waji, yang akhirnya gagal melakukan panen akhir tahun ini. “Saya tidak jadi panen bulan ini. Kerugiannya sekitar Rp 20 juta,” ujar Waji.

Para petambak di kawasan itu mengaku sudah melaporkannya ke Kepala Desa Rangkahkidul. Namun, saat coba dikonfirmasi oleh sejumlah awak media, Kades Rangkahkidul, Warleyono mengatakan belum mengetahui adanya kejadian tersebut. Iapun berjanji akan segera melakukan pengecekan di lapangan. “Coba nanti dicek di lapangan dulu,” ujar Warleyono melalui pesan singkat.(kur)

Keterangan gambar: Waji, salah satu petambak di Desa Rangkahkidul menunjukkan kondisi ikan di tambaknya yang mati.(ist)