ADAKITANEWS, Tulungagung – Hujan deras selama 2 jam disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Tulungagung pada Jumat (19/01) menyebabkan sebuah rumah di Kelurahan Kenayan Kecamatan Tulungagung runtuh.

Runtuhnya atap rumah milik Nanik, 50, ini selain diakibatkan terpaan hujan dan angin yang kencang, juga diduga karena kayu rangka atap rumah telah lapuk, sehingga tidak mampu menahan beban curahan air hujan.

“Saat kejadian saya bersama adik sedang memasak di dapur. Tiba-tiba dari atas terdengar ada yang patah, saat itu juga atap rumah ambrol,” kata Nanik, pemilik rumah.

Beruntung saat itu Nanik bersama adiknya berhasil lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Meski demikian, Nanik sempat tertimpa reruntuhan genting sehingga mengalami luka ringan.

Untuk sementara, Nanik mengaku harus mengungsi ke rumah saudaranya, karena rumahnya tidak dapat di tempat lagi. Diperkirakan, kerugian yang dideritanya mencapai puluhan juta rupiah.

Di saat yang hampir bersamamaan, hujan deras disertai angin ini juga menumbangkan sebuah pohon yang ada di pinggir Jalan Ahmad Yani Timur Tulungagung. Tumbangnya pohon yang berfungsi sebagai peneduh ini menimpa setidaknya 4 sepeda motor yang terparkir di tempat kejadian.

Agar tidak mengganggu kelancaran arus lalulintas, petugas Satpol PP dan PMK Kabupaten Tulungagung kemudian datang ke lokasi untuk memotong batang pohon tersebut.(bac)

Keterangan gambar : Kondisi atap rumah milik Nanik yang runtuh dan proses evakuasi pohon tumbang.(foto : acta cahyono)