ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kota Kediri menjadi salah satu daerah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat SMP/MTs. Untuk menjamin pelaksanaannya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri bahkan telah memperketat monitoring terhadap seluruh sekolah penyelenggara UNBK.

Pada hari pertama pelaksanaannya, yakni Selasa (02/05), UNBK di Kota Kediri diketahui berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala. Pemerintah Daerah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikan serta pihak Polres Kediri Kota melakukan monitoring pelaksanaan UNBK. Yakni di SMP Pawyatan Daha 1 dan MTs Negeri 2 Kediri, yang dijadikan sampling pelaksanaan UNBK hari pertama.

“Dua sekolah ini kita gunakan untuk sampling. Setiap sekolah yang ada di Kota Kediri tentunya akan kita monitoring, kan masih ada tiga hari lagi,” ujar Siswanto Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri.

Sementara itu Lilik Muhibbah, Wakil Walikota Kediri yang juga melakukan monitoring mengungkapkan, pelaksanaan UNBK tahun ini diyakini tidak akan ada kendala. Pasalnya tahun ini UNBK bukanlah yang pertama kali dilakukan di Kota Kediri.

“Tahun lalu hanya SMP Negeri saja. Alhamdulillah tahun ini SMP Swasta juga melaksanakan UNBK karena telah diberi bantuan Laptop dari Pemerintah Kota Kediri,” ujarnya.

Ning Lik, sapaan Wakil Walikota juga berharap kepada semua pelajar yang mengikuti ujian untuk tetap jujur dan percaya diri. “Saya berharap dengan UNBK ini indeks integritas siswa di Kota Kediri akan semakin lebih baik lagi,” harapnya.

Di SMP Pawyatan Daha 1 ada 387 siswa yang mengikuti UNBK yang dibagi dalam 3 sesi. Sedangkan di MTs Negeri 2 ada 372 siswa yang mengikuti ujian dan terbagi dalam 2 sesi.

Terpisah, AKBP Anthon Hariyadi, Kapolresta Kediri mengungkapkan, pihaknya juga telah menempatkan 1 hingga 2 anggotanya di setiap sekolah. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecurangan pada pelaksanaan UNBK.

“Pada setiap sekolah (yang melaksanakan UNBK,red) ada anggota kami dengan tidak berseragam. Sejauh ini masih aman, tidak ditemukan kecurangan-kecurangan pada ujian tahun ini,” tandas Kapolresta Kediri.(adv/disdik/zay)

Keterangan Gambar : Lilik Muhibbah, Wakil Walikota Kediri bersama Dinas Pendidikan, Polresta, dan Kejaksaan Negeri Kediri saat monitoring UNBK hari pertama di MTS 2 Kediri.