Dilarang Berserikat, Ratusan Buruh Kertas Demo DPRD Jombang

605

IMG-20151112-03287ADAKITANEWS, Jombang – Ratusan buruh PT. Mirolam Adigunawan di Jombang, Jawa Timur, melakukan aksi demo di gedung DPRD setempat. Aksi dipicu oleh Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sekitar 13 buruh oleh pihak pabrik lantaran hendak membentuk perserikatan buruh.

Informasi yang dihimpun tim adakitanews.com, Jumali salah satu pendemo mengatakan, PHK terhadap belasan buruh pabrik kertas di wilayah Kecamatan Kesamben itu terjadi setelah mereka hendak membentuk serikat buruh. Namun, pihak perusahaan justru memecat mereka setelah mengetahui para buruh menandatangani berita acara pembentukan serikat buruh. Bahkan, menurut Jumali, sejumlah buruh kerap mendapat intimidasi melalui pesan singkat ponselnya terkait larangan berserikat itu.

“Berbagai macam intimadasi contohnya seperti PHK dan SMS yang intinya mengancam kalau sudah tanda tangan berserikat dikeluarkan dari perusahaan. Sejauh ini ada teman kami yang di PHK itupun tidak jelas, sejauh ini ada 13 buruh, dari pengurus serikat ada 6 orang”, kata Jumali, kamis (12/11/15).

Para pendemo meminta agar pihak pimpinan perusahaan kembali memperkerjakan belasan buruh yang di PHK. Selain itu, pihak pabrik diminta agar memberikan hak-hak normatif buruh sesuai aturan yang berlaku. Seperti gaji sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) serta kebebasan berserikat.

Pihak Dewan sendiri berjanji bakal membantu menyelesaikan persoalan buruh pabrik kertas tersebut. Hal itu disampaikan saat menemui sejumlah perwakilan pendemo di ruang khusus DPRD Jombang.

Sementara, usai melakukan aksinya didepan Gedung DPRD, ratusan buruh kemudian bergeser dan melanjutkan aksi mereka di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Mereka melakukan orasi secara bergantian sambil membentangkan poster tuntutan ditengah jalan. Tak pelak, aksi buruh itu menyita perhatian para pengguna jalan yang tengah melintas hingga membuat arus lalu lintas di Jalan Wahid Hasyim Jombang terganggu.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar : Ratusan buruh PT. Mirolam Adigunawan demo tolak PHK di depan Gedung DPRD.