ADAKITANEWS, Kota Blitar – Gelondongan kayu yang seringkali kita lihat, tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena jika kayu itu jatuh di tangan yang tepat akan menghasilkan uang mencapai jutaan rupiah. Seperti yang dilakukan Okto Medi, dimana ia mampu mengubah kayu menjadi kesenian yang luar biasa. Melalui keahliannya memahat kayu, ia bisa mengubah gelondongan kayu menjadi benda bernilai hingga jutaan rupiah.

Lelaki asal Sananwetan Kota Blitar ini mengaku sudah mempelajari cara memahat sejak duduk di sekolah dasar. Dan kini ia mampu memahat kayu dengan bentuk beraneka ragam. Mulai bentuk hewan, abstrak, maupun seorang tokoh.

Medi yang kini berusia 42 tahun ini menjelaskan, jenis kayu yang sering ia pahat adalah kayu nangka, mangga, kembang, dan sono. Pemilihan kayu sendiri tergantung pembuatannya dan juga harganya. “Kayu yang kualitasnya bagus ya nangka dan sono. Saya beli kayu dipotong sendiri karena pemotongannya menyesuaikan bentuk kayunya. Satu pohon nangka dengan diameter 40 sentimeter biasanya mencapai Rp 1 juta. Kalau kayu Sono, dapat dibeli di pembibitan dalam bentuk potongan,” katanya, Sabtu (07/10).

Medi menjelaskan, kayu nangka dan sono ini tidak mudah lapuk. Kalau waktu pembuatannya tergantung bentuk yang akan dibuat. Kalau patung kecil sekitar 1 bulan, dan untuk yang besar bisa mencapai 2-3 bulan. “Kalau harganya, untuk yang kecil mulai dari Rp 25 ribu. Kalau yang besar bisa mencapai Rp 5 juta. Harga itu juga tergantung besar kecil patung dan tingkat kesulitannya,” jelasnya.

Medi mengaku, saat ini ia masih melayani area Blitar. Penghasilannya juga tidak menentu. Kadang-kadang 1 bulan juga belum laku. Tapi tidak jarang ia juga mendapat pesanan untuk membuatkan patung. “Selain memahat, saya juga bekerja serabutan. Karena penghasilan memahat ini juga tidak menentu,” ujarnya.

Besar harapannya nanti bisa membuka lapangan pekerjaan untuk teman-temannya yang masih menganggur.

“Saya tidak mementingkan sebuah nama. Tapi ketika laku, saya akan bagi rata dengan teman-teman. Semoga kedepan saya bisa memberikan pekerjaan untuk teman-teman yang masih menganggur,” harapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Okto Medi, saat memahat kayu.(foto : fathan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171009_173013-1024x767.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171009_173013-150x150.jpgREDAKSIEkbisadakitanews,Berita,blitar,kayu,pahat
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Gelondongan kayu yang seringkali kita lihat, tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena jika kayu itu jatuh di tangan yang tepat akan menghasilkan uang mencapai jutaan rupiah. Seperti yang dilakukan Okto Medi, dimana ia mampu mengubah kayu menjadi kesenian yang luar biasa. Melalui keahliannya memahat kayu,...