ADAKITANEWS, Tulungagung – Terkait peredaran video mesum yang diperankan oleh 2 pelajar SMA di Tulungagung, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Tulungagung, Solikin S Pd , M Pd, menyayangkan perbuatan kedua pelajar tersebut. Namun demikian, Solikin berharap kepada masyarakat untuk tidak menghakiminya, karena alasan psikologis.

“Jika dinilai bersalah, ya memang bersalah. Tapi jangan sepenuhnya menimpakan kesalahan kepada mereka,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Tulungagung, Solikin S Pd , M Pd, Kamis (01/02).

Solikin menyampaikan bahwa yang harus dilakukan sekarang ini adalah mencegah jangan sampai peristiwa yang mencoreng dunia pendidikan tersebut terulang lagi. Karena itu butuh peran dari pihak lain, selain pihak sekolah dan guru, peran orang tua dan masyarakat juga sangat dominan.

“Untuk pihak guru dan sekolah saya tekankan untuk selalu mengawasi anak didiknya secara ketat, namun humanis. Harus sering melakukan razia, terutama handphone yang mereka miliki apakah ada konten yang merugikan atau mengadung unsur pornografi,” tambah Solikin.

Meski demikian jika dalam razia ditemukan konten yang dilarang, jangan langsung main rampas handphone. Sebaiknya dihapus saja, sambil diberikan nasihat dan peringatan.

“Saya juga berharap kepada aparat keamanan untuk lebih intens lagi melaksanakan razia di tempat-tempat hiburan. Setidaknya hal ini akan membuat anak-anak dibawah umur harus berfikir lagi jika pergi ke tempat tersebut,” katanya.

Lanjut Solikin, apalagi jika pengusaha tempat hiburan tersebut memberlakukan aturan ketat. Jika masih berusia pelajar tidak diperbolehkan masuk, ini menurut Solikin lebih efektif.

Kasus video mesum tersebut sempat membuat warga Tulungagung heboh. Video yang berdurasi 20 detik tersebut diperankan oleh salah seorang pelajar perempuan yang bertelanjang dada sedang menyanyi lagu koplo bersama teman prianya yang juga seorang pelajar. Mereka memboking sebuah ruangan karaoke di kawasan GOR Lembupeteng. Dalam ruangan karaoke tersebut, selain kedua pelajar tersebut, masih ada 3 lagi temannya.(bac)

Keterangan gambar : Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Tulungagung, Solikin S Pd, M Pd.(ist)