ADAKITANEWS, Jombang – Setelah Kepala Desa Jombang, Endang dan Ketua Komisi C DPRD Jombang, Mas’ud Zuremi, serta beberapa elemen masyarakat berkomentar terkait status perizinan 2 bangunan permanen yang menutupi aliran Kali Bacin di Dusun Sawahan Desa Jombang, kini giliran Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, Arif Gunawan yang angkat bicara.

Menanggapi berita sebelumnya terkait status perizinan 2 bangunan permanen yang menutupi kali bacin tersebut, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Arif Gunawan mengakui bahwa aliran sungai tersebut adalah wewenang dinasnya. Tapi dalam hal ini menurut Arif Gunawan, status bangunannya masih dalam tahapan pencarian.

“Karena sejarahnya dulu, sebelum ada Dinas Perizinan status perizinan bangunan tersebut dalam naungan Dinas PU,” ungkap Arif Gunawan pada Tim Adakitanews.com saat ditemui di ruangannya, Selasa (17/05).

Arif Gunawan juga menjelaskan, pihaknya sudah membentuk tim untuk menyelesaikan masalah tersebut dan sudah melakukan koordinasi dengan Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Jombang, Sucipto.

Selain itu Arif Gunawan juga mengatakan akan mengagendakan pemanggilan pemilik 2 bangunan permanen tersebut. Jika nantinya ditemukan permasalahan di proses perizinannya, maka akan dibahas lagi terkait tindakan yang menyalahi aturan tersebut. “Kami sudah berkomunikasi pada pihak-pihak terkait, dan tidak menutup kemungkinan juga akan memanggil pemilik bangunan tersebut,” ujarnya.

Sementara untuk masalah penegakan hukum terkait permasalahan perizinan 2 bangunan permanen tersebut, Tim Adakitanews.com berusaha menemui Kepala Bidang Trantib Satpol PP Kabupaten Jombang, Ali Arifin. Ia mengatakan bahwa untuk penindakan, Satpol PP menunggu surat yang dikeluarkan oleh Dinas terkait.

“Jika ada permasalah dalam hal apapun yang menyalahi Peraturan Daerah (Perda), sesuai dengan SOP dan aturan yang berlaku kami akan menindak tegas,” ujar Ali Arifin saat dikonfirmasi di kantornya.(ar)

Keterangan gambar: Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Arif Gunawan.(foto:adi rosul)