width=

ADAKITANEWS, Jombang – Sekitar 75 rumah warga di Desa Sumberagung Jombang rusak parah usai diterjang angin puting beliung, Minggu (06/11) sekitar 17.00 WIB.

Kejadian tersebut terjadi setelah Desa setempat diguyur hujan deras disertai angin kencang kurang dari 30 menit. Dalam sekejab, puluhan rumah rusak usai atapnya berterbangan dihempas angin kencang.

Kepala Desa Sumberagung, Iriawan mengatakan, selain kerugian materi yang dialami warga, puting beliung juga menyebabkan seorang warga terluka parah di bagian kepala hingga harus menjalani perawatan intensif di Puskesmas setempat usai tertimpa reruntuhan genting rumahnya.

Saat ini petugas dari Desa, BPBD dan Kepolisian masih melakukan pendataan terhadap rumah-rumah warga yang menjadi korban amukan puting beliung. Iriawan menambahkan, warga yang mengalami kerugian materiil dijanjikan bakal diberi bantuan dana untuk perbaikan rumahnya oleh Pemkab Jombang.

“Makanya ini semua akan kita data, kita laporkan ke Pemerintah, baik ke Kecamatan maupun ke Kabupaten. Kejadianya cepat, hanya sekitar 10 – 15 menit. Cuma sebentar, hujannya juga nggak deras kok,” kata Iriawan, Minggu (06/11).

Sementara, sambil menunggu bantuan Pemerintah, sebagian warga yang rumahnya hancur mulai berusaha membenahi atap rumahnya untuk mengantisipasi hujan susulan yang sewaktu-waktu bisa kembali melanda desa mereka. Selain merusak rumah warga, angin puting beliung juga diketahui merobohkan hektaran tanaman padi di desa setempat yang sudah berbulir dan mulai menguning.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Rumah-rumah warga di Desa Sumberagung Kecamatan Perak Jombang rusak parah usai diterjang angin puting beliung.