ADAKITANEWS, Jombang – Tempat wisata Tirta Wisata (TW) yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta Desa Keplaksari Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang sudah lama terlihat tidak terawat. Terlihat dari beberapa fasilitas yang butuh perbaikan, salah satunya di sisi kolam renang water boom yang berada di dalam Tirta Wisata. 

Hal tersebut dirasakan oleh Dimas, pelajar asal Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, yang sedang berkunjung bersama teman-temannya guna menikmati tempat wisata tersebut. Ia menuturkan bahwa tempat wisata tersebut harusnya diperbaiki agar para pengunjung bisa menikmati semua fasilitas wisata dengan maksimal. “Sebenarnya tempatnya bagus untuk foto-foto tapi sayang kurang perawatan, saya berharap segera diperbaiki oleh pemerintah,” ujarnya. 

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dra Citra Wati menuturkan bahwa pihaknya sudah memiliki perencanaan untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di Tirta Wisata. Dalam perbaikan tersebut sementara akan sebatas perbaikan-perbaikan kecil seperti pagar yang ada di kolam renang water boom dan pintu-pintu yang rusak. “Untuk sementara kami masih dalam tahap perbaikan kecil karena terkendala anggaran,” ungkapnya saat diwawancarai Tim Adakitanews.com, Kamis (08/06). 

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa akan diupayakan perbaikan Tirta Wisata secara menyeluruh. Yakni berkomunikasi dengan Pemerintahan Pusat melalui Kementerian Pariwisata. Ia berharap bahwa Tirta Wisata harus terus berkembang, karena pada dasarnya lokasi tersebut merupakan gerbang masuk Kabupaten Jombang yang harus diperjuangkan untuk pembangunannya. 

“Kami masih mengupayakan untuk pembangunan Tirta Wisata ini, salah satunya upayanya adalah berkoordinasi dengan pemerintahan pusat,” tandasnya. 

Saat disinggung soal kondisi Tirta Wisata yang terlihat sepi, ia membantah. Karena dilihat dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2017 yang didapat dari Tirta Wisata sebesar Rp 209 juta. Dari hasil PAD tersebut ia menuturkan bahwa sudah memenuhi dari yang ditargetkan. “Tirta Wisata tidak bisa dikatakan sepi, karena PAD kita memenuhi target sebesar 209 juta di 2017,” jelasnya.(ar)

 

Keterangan gambar: Kondisi Tirta Wisata saat ini. (bawah) Kepala Disbudpar Jombang, Dra Citra Wati saat ditemui di ruangannya.(foto:adi rosul)