width=

ADAKITANEWS, Jombang – Zulizar Rasuni, 62, pria asal Depok Jawa Barat ini senang bukan kepalang. Rasa syukur itu menyusul gangguan pendengaran yang dia alami selama 36 tahun akhirnya sembuh, usai diterapi oleh Mr Masudin, pakar terapi saraf telinga di rumahnya, Dusun Ketanen Desa Banyuarang Kecamatan Ngoro Jombang.

Wajah pria paruh baya, Purnawirawan TNI AD berpangkat terakhir Brigjen inipun terlihat berbinar-binar setelah dengungan pada kedua telinganya hilang. Bahkan, saat dipanggil dari jarak sekitar 200 meter pun dia langsung bisa merespon, padahal sebelumnya tidak demikian.

Zulizar menuturkan, awalnya degungan pada telinganya dia rasakan kecil. Itu terjadi lantaran saat beliau masih berdinas sebagai prajurit, kerap melakukan latihan tembak tanpa menggunakan penutup kuping.

“Dulu sering saya ikut latihan tembak tanpa pelindung telinga apapun, termasuk latihan tembak meriam. Awalnya terjadi dengungan kecil tapi lama kelamaan semakin terasa dan hanya bisa mendengar dengan frekuensi tinggi saja,” ungkapnya, Jumat (28/10).

Zulizar menjelaskan, saat itu dia mengaku pernah mengikuti terapi dan pengobatan medis, namun tidak ada hasil maksimal.

Hal senada juga dikatakan, Bramantyo, 21, mahasiswa salah satu perguruan tinggi Negeri di Surabaya inipun juga mengaku senang. Usai telinga sebelah kirinya yang tidak bisa mendengar sejak dia masih duduk di bangku SD sembuh setelah mendapat penangan oleh Mr Masudin. “Padahal hasil tes audiometri, telinga kiri saya sudah mencapai 95 – 10 decible,” kata Bramantyo.

Saat itu, Bramantyo mengaku pernah di disarankan oleh dokter memakai alat bantu dengar, dan dipakainya selama setahun. Namun juga tak sepenuhnya membantu hingga akhirnya dia menemukan Mr Masudin di internet dan langsung mendatanginya.

Mr Masudin berharap, semua pasien yang dia tangani bisa merasa puas dan mau bersabar untuk mengikuti metode terapinya sesuai petunjuk yang dia sarankan.(Adv/Tari)