ADAKITANEWS, Kota Blitar – Manfaat CCTV saat ini tidak diragukan lagi. Satu diantaranya CCTV yang berada di persimpangan jalan, karena selain bisa memantau arus lalu lintas juga sebagai antisipasi jika terjadi kasus kriminalitas. Maka dari itu, kini Pemerintah Kota kembali Blitar menambah 5 CCTV di titik persimpangan jalan yang ada di Kota Blitar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suharyono mengaku akan menambah 5 titik CCTV di persimpangan jalan yang ada di Kota Blitar. Selain ditambah, beberapa CCTV yang kini sudah terpasang juga akan diupgrade atau diperbaharui, sebab kualitas gambar yang dihasilkan sangat rendah karena tipe camera yang digunakan juga kurang baik.

“Kita tidak hanya menambah CCTV di persimpangan jalan. Tapi juga mengupgrade CCTV yang sudah ada, agar gambar yang dihasilkan lebih baik,” ungkap Priyo, Jumat (10/11).

Priyo menjelaskan, pada dasarnya CCTV yang dipasang diperuntukan untuk memantau situasi atau perkembangan lalu lintas di persimpangan jalan yang padat kendaraan. Namun CCTV ternyata juga dapat dijadikan sebagai salah satu kamera pengawas jika sewaktu-waktu terjadi tindak kriminal.

“CCTV juga kita gunakan sebagai pengawasan jika terjadi tindak kriminal,” tandasnya.

Lebih lanjut Priyo menjelaskan, beberapa persimpangan jalan yang akan akan mendapatkan tambahan CCTV diantaranya perempatan Ngadirejo, dan Perempatan SPG utara Mapolres Kota Blitar.

“Sumber dana yang akan digunakan untuk pengadaan CCTV tambahan itu berasal dari PAK 2017 dengan kebutuhan anggaran Rp 15 juta – Rp 20 juta per unit,” terangnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Salah persimpangan jalan di Kota Blitar belum terpasang CCTV.(foto : fathan)