ADAKITANEWS, Kota Blitar – Hingga saat ini, Dinas Perhubungan Kota Blitar mengaku sudah memiliki 270 petugas parkir yang dipastikan resmi. Meski demikian, tak dipungkiri masih banyak petugas parkir liar yang beroperasi di Kota Blitar.

Hal itu dikatakan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suhartono saat ditemui Tim Adakitanews.com, Selasa (04/04). Priyo menjelaskan, dari 270 petugas parkir resmi tersebut, terbagi menjadi 3 kelas. “Pertama kelas definitif yang berjumlah 198 petugas. Kemudian diikuti kelas binaan 46, dan terakhir kelas cadangan berjumlah 26,” kata Priyo.

Meski jumlah petugas parkir yang resmi cukup banyak, lanjut Priyo, ia masih yakin masih banyak petugas-petugas parkir yang liar. Maka dari itu, pihaknya bersama pihak berwajib masih sering melakukan penertiban di beberapa lokasi. “Kami yakin masih banyak petugas parkir liar di luar sana. Makanya kami juga masih terus melakukan upaya penertiban,” ungkapnya.

Menurut Priyo, penertiban sendiri tidaklah mudah. Pasalnya dari hasil pengalaman, para petugas parkir liar yang sudah ditertibkan akan kembali lagi dalam waktu yang tidak berselang lama. “Kami sudah berupaya agar mereka tidak mengulanginya. Tetapi masih banyak juga yang kembali memungut parkir liar, sehingga mereka bisa saja terkena razia oleh pihak berwajib yang berujung hukuman lebih berat,” papar Priyo.

Priyo menambahkan, jika ada masyarakat yang merasa dipungut parkir tanpa diberikan karcis, mereka bisa melaporkan ke Dishub. “Kami siap menangani laporan dari masyarakat. Kami juga sudah menyediakan call center jika ada masyarakat yang melaporkan,”imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Priyo Suhartono, Plt Kepala Dishub Kota Blitar.(dok. Adakitanews.com)