ADAKITANEWS, Kota Madiun – Niat Dinas Perhubungan Kota Madiun untuk mengubah tata kelola parkir jalan raya nampaknya benar-benar serius. Kepala Dishub Kota Madiun, Ansor Rasidi bahkan mengaku bakal melakukan pembinaan kepada para juru parkir di wilayahnya.

Ansor Rasidi mengatakan pihaknya telah mempersipakan tahapan-tahapannya pengelolaan parkir dengan sangat matang serta penuh perhitungan. “Saya percaya jika hal ini akan berjalan dengan sangat baik,” tegas Ansor saat wawancara dengan Tim Adakitanews.com, di ruang kerjannya, Selasa (21/02).

Sebagai langkah awal, Kadishub mengaku sudah terlebih dahulu melakukan rapat internal. Tujuannya agar sebelum bekerjasama dengan pihak luar, ia ingin memastikan bahwa pegawai Dinas Perhubungan clear atau bersih, serta tidak terkait dengan urusan parkir secara individu maupun kelompok.

Rencananya, Kamis (23/02) mendatang Ansor juga bakal menggelar pertemuan dengan beberapa pihak. Diantaranya Kepolisian, TNI, serta Satpol PP. “Kita akan mengundang Pasi Intel, Satlantas, Kasatreskrim, Sat Sabhara, DenPom, serta Satpol PP. Tujuannya adalah untuk menyampaikan misi Dinas Perhubungan terkait akan diubahnya tata kelola serta pelaksanaan parkir di bahu jalan di wilayah Kota Madiun, sehingga dengan koordinasi yang baik seperti ini diharapkan akan menuai hasil maksimal dan masyarakat tidak merasa dirugikan terus terkait pembayaran parkir,” jelasnya.

Tahapan kedepannya juga banyak sampaikan oleh Kepala Dinas. Seperti pendataan ulang juru parkir serta koordinatornya, serta juga akan dilakukan pembinaan kepada juru parkir (jukir).

“Yang intinya akan mengubah wajah parkir Kota Madiun menjadi lebih sopan, lebih bersahabat, masyarakat tidak merasa dirugikan. Kami akan menambah Perwal tentang penetapan jalan, sehingga nantinya juru parkir akan dibuatkan SK sesuai dengan Perwal penetapan jalan tersebut,” imbuh Ansori.

Ia menargetkan, tahun 2017 adalah masa transisi pengelolaan parkir. Yakni dengan akan diperketatnya operasi-operasi terhadap lokasi parkir, sehingga nantinya tidak ada lagi keresahan, komplain, dari masyarakat terkait pelayanan parkir di Kota Madiun.(bud)