ADAKITANEWS, Sidoarjo – Memasuki H-3 lebaran, data pantauan dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyebutkan diperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang yang mudik melalui Terminal Purabaya sebanyak 0,8 persen dibanding tahun lalu, atau sekitar 244.000 penumpang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat saat melakukan peninjauan persiapan arus mudik lebaran di Terminal Purabaya di Sidoarjo, Jumat (23/06). Dikatakan, beberapa wilayah yang menjadi tujuan paling banyak pemudik adalah Madura, Ponorogo, Probolinggo dan Pacitan. Sedangkan untuk wilayah barat yaitu Solo dan Jogja.

Untuk mengantisipasi kekurangan armada angkutan lebaran karena faktor keterlambatan akibat kemacetan di jalan, Dishub juga sudah mempersiapkan sebanyak 200 bus cadangan jenis pariwisata dan 50 bus Damri untuk jarak dekat.

Irvan Wahyu Drajat mengatakan, pihaknya telah menurunkan lebih dari 350 personel ditambah bantuan anggota dari mako dan terminal lainnya untuk mengamankan terminal dan terbagi dalam 3 shift. Sedangkan untuk total pengamanan, yakni tidak hanya terminal purabaya, sudah ada sekitar 900 staf yang dilibatkan.

“Kepada para pemudik yang hendak melakukan perjalanan pulang kampung, kami mengimbau agar tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan, membawa banyak barang, uang secukupnya saja, segera melapor kepada petugas jika menemui kesulitan dan jangan mudah merespon kepada orang yang baru dikenal,” jelas Irvan.

Ditambahkan Kadishub, untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan di dalam terminal, pihaknya juga sudah memasang kamera CCTV di setiap blok untuk memantau aktivitas masyarakat. “Sampai saat kemarin malam jumlah pemudik sebanyak 65.000 penumpang, dan diperkirakan untuk nanti malam masih berkisar jumlah tersebut,” katanya.(sid2)

Keterangan gambar: Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat saat meninjau Terminal Purabaya.(foto : mus purmadani)