ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso mengatakan, mulai Senin (27/03) lalu pihaknya sudah menempati kantor baru yang berada di Jalan Manukwari Kecamatan Kanigoro. Namun menurutnya, pemindahan beberapa fasilitas harus dilakukan secara bertahap.

“Ya tentunya tidak bisa langsung spontan, ada tahapan yang harus dilalui seperti pemindahan jaringan komunikasi data (jarkomdat) dari kantor lama yang berada di Kelurahan Gedok Kecamatan Sananwetan,” kata Eko di kantor baru, Senin (27/03) siang.

Menurut Eko, target pemindahan jarkomdat akan dilakukan pekan ini. Ketika ada petugas dari Telkom yang memindahkan jaringan, maka bisa dipastikan kantor Dispendukcapil yang baru siap melayani masyarakat secara penuh.

Sementara saat ini diketahui pelayanan hanya bisa dilakukan dengan mengumpulkan berkas, kemudian diadakan verifikasi validasi data. Sehingga ketika jarkomdat sudah selesai pemindahan baru data diinput dan dikirim ke pusat.

“Kita masih menunggu dari pihak Telkom untuk pemindahannya. Tetapi kita targetkan minggu ini sudah terpasang. Sehingga jika sudah terpasang jaringan ini, maka kita akan akan melakukan soft opening yang kedua. Artinya kita mengubah sistem pelayanan, dimana awalnya adalah orangnya yang berjalan menjadi berkasnya yang berjalan,” jelasnya.

Harapannya, lanjut Eko, pelayanan di kantor baru ini bisa lebih baik daripada di kantor lama. Karena didukung tempat dan aplikasi yang memadai. “Semoga pelayanannya lebih baik. Karena peralatan maupun aplikasinya sudah mendukung,” harapnya.

Eko menambahkan, untuk saat ini kantor lama masih ada petugasnya. “Pelayanan di kantor lama sementara ini masih ada, untuk mengantisipasi masyarakat yang belum tahu kepindahan ke kantor baru,” tambahnya.(blt2)

Keterangan gambar: Eko Budi Winarso, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar.(foto : fathan)