ADAKITANEWS, Blitar – Blanko e-KTP dari Pemerintah Pusat sudah dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk didistribusikan ke daerah-daerah. Namun hingga kini, Pemerintah Kabupaten Blitar mengaku belum menerima kiriman blanko tersebut.

Dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, bahwa jadwal penerimaan blanko sudah ditentukan Pemerintah Provinsi. Dan untuk Kabupaten Blitar adalah pekan depan.

“Iya benar, memang ada daerah lain yang sudah menerima blanko dari Pemerintah Provinsi. Namun tentunya kita harus menunggu antrean pemanggilan sesuai dengan jadwal yang ditentukan Pemerintah Provinsi, pada minggu depan,” katanya, Jumat (28/04).

Eko menuturkan, selama ini pihaknya harus menggunakan surat keterangan (suket) kepada pemohon e-KTP. Meski masa berlaku suket ini hanya 6 bulan, namun menurutnya, langkah ini bisa menyelesaikan masalah kebutuhan masyarakat yang mendadak. “Rata-rata pemohon adalah masyarakat yang sangat membutuhkan. Dengan adanya suket ini, minimal bisa mengurangi permasalahan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Meski diperkirakan blanko akan diterima minggu depan, namun Eko tetap meminta masyarakat agar bersabar terlebih dahulu, karena proses pengurusan data kependudukan harus melalui beberapa tahap. “Saya minta masyarakat tetap bersabar. Karena meski sudah ada blankonya, tetapi kita harus memprosesnya sesuai tahapan yang ada,” harapnya.(blt2)

Keterangan gambar: Eko Budi Winarso, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar.(foto : fathan)