ADAKITANEWS, Sidoarjo – Warga Desa Magersari Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo geger. Seekor ular piton sepanjang 4 meter dengan berat 65 kilogram keluar dari persembunyiannya di sekitar Sungai Pucang, dan berhasil ditangkap warga. Kamis (04/05).

Ular ini pertama kali ditemukan oleh Nur Priyadi, 54, warga setempat. Saat itu, ia hendak menjalani aktivitasnya sebagai penjual air. “Sekitar pukul 06.00 WIB, saya melihat ada warna emas, panjang melawan arus sungai. Setelah dipastikan ular, saya langsung bersama warga berusaha menangkap ular tersebut,” katanya.

Saat itu ia dibantu dua warga lainnya yakni Bambang dan Anang. Mereka bertiga menceburkan diri ke sungai sambil membawa jala. “Ular tersebut kami tangkap di bawah jembatan dan sempat melakukan perlawanan. Makanya harus orang tiga, kalau sendiri jelas tidak sanggup,” ujarnya.

Nur Priyadi mengatakan, sebenarnya ular tersebut sudah lama tinggal di Sungai Pucang. Karena beberapa kali warga sering melihat keberadaan ular tersebut. “Sebenarnya ada dua, namun yang tertangkap baru satu. Biasanya kalau kelihatan itu ketika sedang mencari makan, setelah itu lama gak kelihatan lagi,” katanya.

Kini, ular tersebut oleh warga diletakkan di dalam kurungan dan berada di halaman Musala Al Maun desa setempat. “Monggo kalau ada yang mau barter saja dengan cat untuk Musala,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Ular piton sepanjang 4 meter kini jadi tontonan warga.(foto : mus purmadani)