ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebuah rumah warga di Dusun Boto Desa/Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung hampir roboh akibat hujan deras, Kamis (21/12).

Rumah milik Mujianto tersebut nyaris roboh setelah dinding talut sedalam lima meter yang menyangga teras bagian samping rumahnya longsor akibat tidak mampu menahan air hujan, yang mengguyur wilayah tersebut hampir dua jam, Rabu (20/12) malam. Beruntung longsoran sepanjang 12 meter ini hanya meruntuhkan fondasi teras rumah.

“Saat kejadian, saya beserta keluarga berada di dalam rumah. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang berasal dari arah depan rumah. Setelah saya keluar rumah mendapati teras rumahnya telah runtuh terbawa longsoran dinding talut,” kata Mujianto.

Rumah milik Mujianto ini tepat berada di atas jurang dengan kondisi tanah yang labil. Meski saat ini rawan terjadi longsor susulan, Mujianto bersama keluarganya memilih tetap tinggal di rumahnya dan enggan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Meski tidak ada korban jiwa maupun luka, namun Mujianto menyatakan menderita kerugian hingga jutaan rupiah. Dirinya kini hanya bisa berharap bantuan dari pemerintah setempat untuk memperbaiki dinding talut yang longsor.(bac)

Keterangan gambar : Kondisi rumah Mujianto yang nyaris terbawa longsor.(ist)