ADAKITANEWS, Kota Kediri – Bersama para santri dan kiai di Kota Kediri, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, Komandan Kodim 0809/Kediri, Letkol (Arm) Joko Setiyo Kurniawan menggelar doa bersama menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Taman Makam Pahlawan Joyoboyo Kota Kediri, Kamis (09/11).

Mas Abu, sapaan akrab Walikota Kediri mengatakan, kegiatan doa bersama ini memiliki harapan besar agar masyarakat dapat mengenang dan lebih menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia.

Dikatakan Mas Abu, pada zaman dahulu para pahlawan berjuang agar Indonesia harus bisa merdeka, adil dan makmur. Dan saat ini, adalah tugas para pemuda untuk mengisi kemerdekaan dengan prestasi.

“Kalian tidak perlu mati untuk membela bangsa. Saat ini kalian harus bisa menjadi tonggak kemajuan bangsa dengan berbagai prestasi di segala bidang. Insyaallah dalam waktu yang tidak lama, Indonesia akan mampu untuk berubah dari negara berkembang menjadi negara yang maju. Dimulai dari kita untuk menggunakan produk-produk asli buatan dalam negeri,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Mas Abu juga meminta para senior untuk memberikan bimbingan dan dukungan penuh kepada para pemuda agar bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan prestasi. Walikota mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan dan menjadikan mereka sebagai suri teladan atas perjuangan yang telah dilalui.

Sementara itu Komandan Kodim 0809/Kediri, Letkol (Arm) Joko Setiyo Kurniawan menyampaikan bahwa Taman Makam Pahlawan adalah tempat bagi anggota TNI, Polri, dan masyarakat yang mendapatkan tanda kehormatan Bintang Gerilya dari Presiden Indonesia.

Bintang Gerilya adalah sebuah tanda kehormatan yang dikeluarkan oleh Presiden Indonesia kepada setiap warga negara RI yang menunjukkan keberanian, kebijaksanaan, dan kesetiaan yang luar biasa dalam mempertahankan republik pada masa revolusi antara tahun 1945-1950, terutama saat Agresi Militer Belanda I dan II.

Lebih lanjut Dandim juga menyampaikan bahwa Kota Kediri bisa dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain untuk lebih menghargai jasa para pahlawan. “Setahu saya, Kota Kediri adalah satu-satunya daerah yang menggelar doa bersama untuk mengenang jasa para pahlawan. Semoga kegiatan yang sangat baik ini dijadikan contoh bagi daerah-daerah yang lainnya,” ujarnya.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Doa Bersama menjelang peringatan Hari Pahlawan.(dok. Humas Pemkot Kediri)