ADAKITANEWS, Jombang – Sejumlah jurnalis dari media cetak dan elektronik di Kabupaten Jombang menggelar aksi doa bersama, sebagai bentuk keperihatinan atas insiden kekerasan yang dialami oleh sejumlah jurnalis di alun-alun Purwekerto Kabupaten Banyumas.

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Daerah Mojopahit dan beberapa wartawan dari berbagai media, melakukan aksi solidaritas tersebut di depan pelataran Graha Media Jalan KH Wahid Hasyim Kabupaten Jombang, Kamis (12/10) malam.

Aksi solidaritas yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ini, diakhiri dengan pembacaan doa bersama dengan melakukan aksi tabur bunga diatas atribut jurnalis seperti kamera dan press card. Pembacaan doa dan tabur bunga itu, menurut Ketua IJTI Korda Mojipahit, Mukhtar Bagus, merupakan bentuk keperihatinan dan simbol matinya perlindungan hukum di dunia jurnalistik.

“Ini merupakan bentuk keprihatinan kita sebagai insan jurnalis terhadap matinya perlindungan hukum di dunia jurnalistik di Indonesia,” ungkapnya, Kamis (12/10) malam

Tidak hanya itu, dalam aksi solidaritas tersebut juga dilakukan pembacaan pernyataan sikap oleh salah satu jurnalis. Pernyataan sikap tersebut meliputi, kecaman terhadap aksi kekerasan yang menimpa sejumlah jurnalis di Purwokerto Jawa Tengah saat melakukan peliputan. Kedua, menuntut pelaku kekerasan agar diseret ke meja hijau dan dijatuhi hukuman yang setimpal, kemudian meminta Kapolda Jawa Tengah dan Kapolres setempat bertanggungjawab penuh atas insiden di Purwokerto.

Mereka juga meminta pihak Setwilda bertanggung jawab atas tindakan kekerasan tersebut, karena peristiwa terjadi di lingkungan Pemda Banyumas. “Kami juga mendorong Dewan Pers agar tanggal 11 Oktober diperingati sebagai hari anti kekerasan terhadap jurnalis,” tegas Mukhtar Bagus saat diwawancarai Tim Adakitanews.com.(ar)

Keterangan gambar: Aksi solidaritas sejumlah jurnalis di Kabupaten Jombang.(foto:adi rosul)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171013_082523-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171013_082523-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,aksi solidaritas,Berita,ijti,jombang,Kekerasan,wartawan
ADAKITANEWS, Jombang - Sejumlah jurnalis dari media cetak dan elektronik di Kabupaten Jombang menggelar aksi doa bersama, sebagai bentuk keperihatinan atas insiden kekerasan yang dialami oleh sejumlah jurnalis di alun-alun Purwekerto Kabupaten Banyumas. Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Daerah Mojopahit dan beberapa wartawan dari berbagai media, melakukan aksi solidaritas...