ADAKITANEWS, Kota Madiun – Kepolisian Resort Madiun Kota bersama jajaran Pemerintah Daerah, diantaranya Kapolres Madiun Kota, Wakil Walikota Madiun, Sekda, perwakilan dari Kodim, unsur organisasi Islam, serta masyarakat berkumpul di Masjid Al Muklisin, Jalan Pahlawan Kota Madiun untuk memberikan Doa Keselamatan Bangsa pada Rabu (19/04).

Pantauan Tim Adakitanews.com di lapangan, ada sekitar 300 orang yang mengikuti istigosah tersebut. Kapolres Madiun Kota, AKBP Soni Mahar Budi Adityawan dalam sambutannya sebagai tuan rumah menyampaikan jika kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan keselamatan serta kesejahteraan bagi Bangsa Indonesia khususnya masyarakat Kota Madiun.

Sebagai pengisi doa istigosah, adalah KH Agus Musafa Izzudin, yang juga merupakan pengasuh pondok pesantren Mujajdiah, Kelurahan Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun. Dalam inti doanya, KH Agus Musafa memohon kepada Tuhan YME , agar Negara Indonesia khususnya Kota Madiun diberikan keselamatan, kesehatan, serta kesejahteraan bagi masyarakatnya.

“Latar belakang atau tujuan diadakan istigosah ini adalah untuk memberikan masukan positif kepada masyarakat agar mampu menahan diri, melihat sesuatu secara jernih, serta tidak mudah terprovokasi terutama terkait dengan SARA,” tegas Kapolres Madiun Kota, kepada Tim Adakitanews.com, seusai kegiatan istigosah.

AKBP Soni tidak memungkiri, jika hajatan Pemilukada di Jakarta efeknya sangat berimbas ke daerah. Karenanya dengan diselenggarakan istigosah ini bisa meminimalisir keinginan masyarakat Madiun yang hendak ke Jakarta.

Untuk itu ia sengaja mengundang seluruh unsur masyarakat serta keagamaan untuk hadir, seperti dari Kemenag, NU, Muhammadiyah, serta organisasi keagamaan yang lainnya, serta tidak ketinggalan turut diundang 11 organisasi perguruan pencak silat di kota Madiun.(bud)

Keterangan gambar: Unsur Forkompimda saat mengikuti istigosah.(foto: budiyanto)