ADAKITANEWS, Kediri – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri, meminta Kepala Desa (Kades) Gogorante memfungsikan perangkat desa sesuai tugas dan kewenangannya.

Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMPD Kabupaten Kediri, Heru Setiawan mengatakan, sebagai seorang pimpinan, Kades Gogorante, Supadmoko seharusnya bertanggung jawab atas fungsi dan tugas Perangkat Desanya.

“Kalau memang tidak mampu dalam mengerjakan tugasnya, ya harus Kades sendiri yang berusaha agar Perangkat Desa dapat mengerjakan tugas masing-masing. Memang dalam pekerjaan Perangkat itu yang memfungsikan Kades, namun salah kalau sampai Kades itu handle pekerjaan sendiri,” cakapnya, Senin (11/04) pagi.

Sementara itu terkait masalah pemecatan sepihak Kepala Dusun Gogorante oleh Kades, pihak DPMPD mengaku mendapat laporan resmi dari Kades bahwa memang yang diberhentikan itu sudah dalam kondisi sakit dan tidak bisa bekerja lagi.

“Kalau dalam aturan, jika memang sakit dan selama 6 bulan berturut-turut tidak bekerja, serta sudah membawa surat dokter itu memang dapat diberhentikan. Kalau Kasun Gogorante itu sudah 1 tahun, jadi tidak perlu memakai surat dokter bisa diberhentikan,” imbuh Heru Setiawan.(udn)

Keterangan gambar : Kabid Pemdes, Heru Setiawan.(foto:fasihhuddin kholili)