ADAKITANEWS, Jombang – Anggota DPRD Kabupaten Jombang menyesalkan adanya peraturan yang mewajibkan anggota legislatif cuti saat akan menjalankan aktivitas kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jombang, Mas’ud Zuremi. Saat diwawancarai, Mas’ud Zuremi mengatakan bahwa dirinya sangat menyayangkan peraturan KPU yang mewajibkan dirinya untuk cuti ketika akan melakukan kampanye.

“Secara pribadi, saya sangat prihatin dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 yang mengatur tentang bagi para pejabat, DPR, DPD, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota yang harus izin cuti untuk hadir dalam kampanye Pilkada,” ujar Mas’ud Zuremi yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Jombang.

Selain itu, Mas’ud Zuremi mengatakan bahwa PKPU Nomor 4 Tahun 2017 dianggap mengkerdilkan partai politik dalam suksesi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang pada Pilkada 2018 ini. “Ada aturan yang seakan mengkerdilkan peran dari partai politik. Dimana setiap anggota parpol atau kader Parpol yang duduk sebagai anggota legislatif dilarang ikut kampanye dan menghadiri bahkan sebagai Jurkam bagi pasangan calon yang diusungnya. Sangat naif sekali sebetulnya,” tegas Mas’ud Zuremi, Rabu (28/02).

Meski begitu, Mas’ud Zuremi mengatakan bahwa pihaknya akan tetap menjalankan aturan sesuai dengan PKPU. Meski menerima dengan berat hati, Ketua DPC PKB ini berharap ada revisi terkait PKPU Nomor 4 Tahun 2017 yang mewajibkan cuti bagi anggota legislatif yang akan melakukan aktivitas kampanye. “Maka kami bisa menerima dengan hati yang berat. Kami tetap taat aturan namun tetap berharap agar ada revisi dalam waktu yang cepat terkait dengan PKPU ini,” tandasnya.

Sementara, Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Drs M Fathoni membenarkan bahwa anggota DPRD harus melakukan cuti ketika melakukan kampanye. Hal tersebut dikatakan Fathoni sesuai dengan peraturan UU Nomor 10 Tahun 2016 dan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2018 Pasal 63. “Untuk anggota dewan, cutinya ke pimpinan dewan. Kemudian diserahkan ke KPU,” ucap M Fathoni saat ditemui Tim Adakitanews.com di kantor KPU Jalan KH Romli Tamim.(ar)

Keterangan gambar: Ketua Komisi C DPRD Jombang, Mas’ud Zuremi.(dok. adakitanews.com)