ADAKITANEWS, Sidoarjo – Komisi D DPRD Sidoarjo menyetujui usulan relokasi SDN Pamotan 2 di Desa Pamotan Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Pasalnya, SD Negeri yang berada di sekitar Jalan Arteri Porong itu memang tidak layak dipakai sebagai tempat belajar mengajar.

Sekretaris Komisi D, Hj Enny Suryani mengaku setelah melihat langsung kondisi SDN Pamotan 2, pihaknya akan sangat mempertimbangkan usulan relokasi sekolah tersebut. “Memang sudah tidak layak dan sering jadi langganan banjir. Karena lokasinya memang lebih rendah dari kawasan sekitarnya. Kalau hujannya deras, sekolah itu malah tenggelam,” jelas politisi Partai Demokrat ini saat sidak di sekolah setempat, Rabu (12/04).

Lantaran sering kebanjiran, lanjut Enny, hampir seluruh kelas di SDN Pamotan 2 mengalami kerusakan parah. Hanya tersisa satu kelas yang kondisinya masih baik, sehingga harus dipakai untuk tempat belajar mengajar siswa dari empat kelas. “Karena siswanya dari empat kelas yang berbeda, belajarnya terpaksa harus digilir. Kalau dipaksa dijadikan satu, suasananya jadi ramai seperti pasar krempyeng,” ujarnya.

Pertimbangan lain untuk menyetujui relokasi, kata Enny, lantaran sekolah yang dihuni sebanyak 65 siswa itu berada di sisi timur Jalan Arteri Porong. Sedangkan mayoritas warga berdiam di sisi barat jalur baru yang dibangun oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) tersebut.

“Karena itu, kita setuju kalau sekolah itu direlokasi ke sisi barat Jalan Arteri Porong, sehingga relatif lebih dekat dengan pemukiman warga, dan siswa juga tak perlu menyeberang Jalur Arteri yang kendaraannya cukup padat dan rata-rata melaju kencang. Apalagi, hampir tiap hari siswa di sekolah itu juga menghirup asap dari sumber luapan lumpur yang baunya cukup menyengat,” terangnya.

Untuk diketahui, sidak Komisi D ke SDN Pamotan 2 berawal dari aksi yang digelar puluhan siswa sekolah setempat, beberapa waktu lalu. Siswa-siswa itu mengaku resah, lantaran sekolahnya kerap kebanjiran dan minta direlokasi secepatnya. Aksi tersebut juga disusul surat tertulis dari sekolah dan pihak desa setempat ke sejumlah instansi Pemkab terkait, juga ke Komisi D DPRD Sidoarjo.(sid2)

Keterangan gambar : Komisi D DPRD Sidoarjo saat sidak ke SDN Pamotan 2.(foto : mus purmadani)