ADAKITANEWS, Kediri – Bertempat di Ruang Graha Sabbha Canda Bhirawa DPRD Kabupaten Kediri, DPRD Kediri menyelenggarakan Diskusi dan Konsultasi Publik penyiapan penyusunan Raperda Usul Prakarsa DPRD tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri, Rabu (20/12).

Diskusi dan Konsultasi Publik yang dibuka langsung oleh Sekretaris DPRD Kediri, Dr Mohamad Solikin, MAP, ini menghadirkan narasumber dari kalangan profesional, praktisi dan akademisi. Diantaranya Dr Muchamad Zainuri, Drs Burhanudin Dwi Rochmatun, serta Dr Ir Saleh Udin, MM, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kediri.

Bertindak sebagai moderator, yakni Dr Joko Siswanto Muhartono, M Si yang juga merupakan perwakilan dari Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA) Jawa Timur, sementara dari DPRD Kediri diwakili oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah.

“Forum diskusi dan konsultasi publik ini masih merupakan kegiatan awal dari tahapan penyiapan penyusunan Raperda usul prakarsa DPRD tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri, dimana melalui kegiatan ini diperoleh masukan, saran dan pendapat sebanyak mungkin dari para peserta untuk menyempurnakan draft konsep Raperda,” kata Sekretaris DPRD Kediri, M Solikin.

Kegiatan Diskusi dan Konsultasi Publik ini, diketahui dihadiri oleh peserta undangan dari 32 orang perwakilan perangkat daerah kabupaten kediri, 2 orang perwakilan desa, 2 orang perwakilan kecamatan dan 6 orang perwakilan dari universitas yang ada di Kediri.

“Saat ini arsip tidak hanya sebagai sumber informasi, melainkan juga sebagai pendukung pengambilan keputusan, menunjang proses perencanaan, mendukung pengawasan, sebagai alat pembuktian, bahkan jarsip juga berperan penting dalam kepentingan politik dan ekonomi,” terang Drs Burhanudin dalam paparannya.

Sedangkan Dr Zainuri pada kesempatan selanjutnya memaparkan tentang pentingnya tata kelola arsip yang akuntabel dan juga seputar permasalahan regulasi tata kelola kearsipan. Di akhir kesempatan paparan Dr Ir Mochamad Saleh Udin, MM, berharap agar Pemerintah Kabupaten Kediri segera membangun sistem pengelolaan kearsipan, menjamin ketersediaan SDM kearsipan, menjamin ketersediaan sarana dan prasarana kearsipan, dan menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi dalam pengelolaan kearsipan.

Di akhir diskusi, para narasumber dan moderator berharap agar Raperda ini segera dilakukan pembahasan untuk selanjutnya dapat memperoleh persetujuan bersama.(adv/dprdkabkediri/kur)

Keterangan gambar: Diskusi dan Konsultasi Publik Penyiapan Raperda Usul Prakarsa di DPRD Kediri.(ist)