DPRD Nganjuk Utamakan Kunker Sebelum Bekerja

DPRD Nganjuk Dahulukan Kelenceran, Sebelum Bekerja 4@dakitanewsDPRD Nganjuk Dahulukan Kelenceran, Sebelum Bekerja 3 Nganjuk – Kantor DPRD Nganjuk di Jl. Gatot Subroto nampak lengang sejak tiga hari terakhir. Kondisi tersebut terjadi karena para wakil rakyat sedang melakukan kunjungan kerja (Kunker) meski kinerja mereka belum tampak sama sekali dimata rakyat Nganjuk.

Meski anggota DPRD Nganjuk periode 2014-2019 diisi wajah-wajah baru, namun kelakuan mereka tidak berbeda dengan anggota DPRD periode sebelumnya. Seperti saat ini dimana mereka belum bekerja untuk rakyat yang memilihnya, tetapi para anggota DPRD Nganjuk memilih nglencer yang dikemas dalam Kunker. Klenceran Anggota DPRD Nganjuk keluar kota, dilakukan oleh semua komisi.

Plt Sekretaris DPRD Nganjuk, Yoni mengatakan, Kunker yang dilaksanakan sejak hari Minggu. Sedangkan kunjungannya sendiri akan berakhir pada Jum’at (22/11) ini. Namun sebelumnya anggota DPRD Nganjuk melaksanakan rapat koordinasi untuk meminta penjelasan rencana kerja (Renja) kepada satuan kerja yang akan dibawa dalam Kunker. “Jadi kunker ini sudah ada bahan dan setiap komisi berbeda renjanya,” kata Yoni.

Klenceran yang dilakukan anggota DPRD Nganjuk menurut Yoni, berbeda tujuan untuk masing-masing komisi. Komisi A, dikatakan Yoni Kunker  ke DPRD Kota Yokyakarta dan DPRD Kababupaten Sleman membahas tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi Komisi A terkait Pemerintahan dan Hukum. Komisi B mengunjungi Pemkot Surakarta dan DPRD Kabupaten Boyolali membahas tentang upaya peningkatan Pendapatan Angaran Daerah (PAD).

Komisi C melaksanakn kunker ke Pemkot Denpasar dan DPRD Kota Denpasar mengenai pelaksanaan fisik DAK pada Dinas Dikpora. Sedangkan Komisi D lokasi tujuan sama dengan komisi A dengan bahasan yang dibawa tentang penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). “Kunker selama 4 hari, sebagai pemantapan program kerja kedepan,” jelas Yoni.

Ditambahkan Yoni, saat ini program kerja anggota DPRD Nganjuk sudah menumpuk, setelah melakukan Kunker mereka akan melaksanakan rapat paripurna, dan masih banyak lagi jadwal kerja dengan agenda padat hingga akhir tahun 2014 ini nantinya. “Paripurna yang rencana akan dilaksanakan yaitu penyampaian Raperda tentang APBD dengan nota keuangan tahun 2015,” pungkas Yoni.

Sementera itu Ketua MP3 Nganjuk, Cahyo Basuki menuding bahwa orientasi Kunker DPRD di akhir masa anggaran lebih dikarenakan untuk menghabiskan anggaran. Sedangkan orientasi untuk kepentingan rakyat sangatlah kecil. Selama ini Kunker tidak pernah ada hasilnya selain pemborosan.Karena itu, Hariyanto menghimbau kepada masyarakat untuk lebih cerdas dalam memilih dan memberikan mandate kepada wakil rakyat. “Kunker diakhir masa anggaran, hanya sekedar untuk menyerap anggaran. Sedangkan untuk kepentingan rakyat nihil,” tegas Cahyo (Jati)

Keterangan Gambar : suasana Kantor DPRD yang sepi ditinggal Kunker ke Luar kota

Recommended For You