ADAKITANEWS, Tulungagung – Pengambilan formulir calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung untuk Pilkada 2018 mulai ramai dilakukan. Bahkan di hari kedua pembukaan, telah ada dua bakal calon (bacalon) yang mengambil formulir di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Selasa (02/01).

“Pengambilan formulir dibuka mulai tanggal 1 Januari kemarin. Hari ini sudah dua bakal calon Bupati Tulungagung mengambil formulir pendaftaran,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno.

Kendati belum resmi mendeklarasikan diri sebagai bakal calon Bupati untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tulungagung pada 27 Juni 2018 mendatang, namun Herry Noorista, Liaison Officer (LO) atau penghubung bakal calon Bupati Tulungagung, Margiono, telah mengambil formulir pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung.

Margiono, yang akan maju dalam Pilkada Tulungagung, mengklaim didukung koalisi Partai Demokrat, PKB, Gerindra, Partai Golkar, Partai Hanura, PAN, PPP, PKS dan PBB. Meski demikian, hingga saat ini Margiono belum menjatuhkan pilihan siapa wakil yang akan mendampinginya.

Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang maju lewat jalur perseorangan, Suparlan – Suprayitno pada hari yang sama diketahui juga telah mengambil formulir pendaftaran. Sama dengan Margiono, pengambilan formulir pasangan ini diwakili penghubungnya, Agus Wignyantoro.

Bagi pasangan perseorangan ini, selain melengkapi kelengkapan administratifnya, juga harus memenuhi syarat dukungan minimal calon perseorangan. Karena, berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan, pasangan Suparlan – Suprayitno yang memenuhi syarat hanya sebanyak 18.721 dukungan.

Dengan jumlah tersebut, pasangan Suparlan – Suprayitno dinyatakan masih kurang 45.031 pendukung. Dan sesuai aturan, untuk memperbaiki berkas dukungan pada tahap selanjutnya pasangan tersebut harus menyerahkan dua kali dari jumlah kekurangan dukungan atau sebanyak 90.062 pendukung.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan, untuk pengambilan formulir pendaftaran boleh dilakukan oleh perorangan atau penghubung yang telah ditunjuk bakal calon yang bersangkutan. Namun ketika pengembalian formulir atau saat pendaftarannya, calon yang diusung parpol semua harus sudah dalam satu paket calon Bupati beserta calon Wakil Bupati, serta partai pengusung yang dibuktikan dengan rekomendasi.

“Batas pengambilan formulir sampai dengan tanggal 7 Januari, sedangkan untuk penerimaan berkas pendaftaran dimulai tanggal 8 hingga 10 Januari,” ujar Suprihno.

Suprihno menambahkan, sebenarnya untuk formulir pendaftaran ini selain bisa diambil di kantor KPU, juga bisa diunduh lewat website resmi KPU Tulungagung.(bac)

Keterangan gambar : Pengambilan formulir pendaftaran oleh Liaison officer (LO) kedua bakal calon.(foto : acta cahyono)