f-Ugal 2Bus Terperosok 5@dakitanews Nganjuk – Dua unit bus PO. Sugeng Rahayu, yang merupakan pengalihan nama dari bus Sumber Kencono memacetkan arus lalu lintas di diwilayah Kabupaten Nganjuk. Pasalnya, kedua angkutan umum ini terlibat kecelakaan didua lokasi yang berbeda.

Informasi dari unit laka lantas Polres Nganjuk menyebutkan, Kemacetan pertama melibatkan bus Sugeng Rahayu yang dikemudikan Suprayitno,38, warga Ngadiluwih, Kabupaten Kediri di jalan raya Surabaya-Nganjuk, tepatnya di depan RM Fambayung Desa Bagorkulon, Kecamatan Bagor, Jum’at siang sekitar pukul 11.05.WIB.

Kecelakaan bermula saat Kendaraan sedan nopol L 1795 VL yang dikemudikan oleh M.Tabrani,40, warga Surabaya berbenturan denga truk nopol AG 8922 US yang dikemudikan Yaya Purwani,45, warga Jawa Tengah. Mobil sedan yang melaju dari arah timur menuju ke barat dengan kecepatan tinggi tidak memperhatikan arus lalulintas. Sedan melaju terlalu ke kanan hingga melewati marka jalan bertabrakan dengan truk yang melaju dari arah berlawanan.

Sopir truk yang berupaya menghindari tabrakan membanting kendaraanya ke arah kiri hingga terguling. Apesnya dari arah belang melaju bus Sugeng Rahayu dengan jarak cukup dekat. Hingga tabrakan pun tak dapat terhindari. Kecelakan ini membuat kemacetan arus lalu litas hingga 2 kilometer.

Kemacetan kedua melibatkan bus Sugeng Rahayu nopol W 7070 UZ terperosok ke dalam galian kabel telephon milik PT. Telkom di jalan raya Surabaya-Madiun tepatnya di Desa Selorejo Kecamatan Bagor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kecelakaan ini juga sempat memacetkan arus lalulintas hingga 2 Kilo Meter, Jumat (26/12) sore sekitar pukul 15.10.WIB.

Saksi mata di lkasi kejadian, Yusmanto, kecalakaan itu bermula saat bus yang dikemudikan Budi Santoso,30, warga Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Surabaya menuju Madiun. Sesampai disekitar lokasi kejadian, terjadi antrian kendaraan yang cukup panjang.

Tak sabar dengan rentetan antrian kendaraan, sopir bus berupaya mendahului rentetan kendaraan yang berjalan lambat dari arah kiri. Hingga roda turun dari bdan jalan beraspal. Namun apesapesapesnya, dilokasi tersebut sesang ada proyek galian untuk menanam kabel telephon milik PT. Telkom.

Tak ayal, salah satu roda bus bagian depan akhirnya terprosok kedalam lobang galian hinga posisi bus dalam kondisi miring dan tidak bisa bergerak. Sopir bus berusaha menekan pedal gas dengan tujuan agar bus terus melaju, namun karena tanah licin, bus semakin terperosok. Para pengguna jalan lainnya akhirnya mengambil jalan tengah dan mengakibatkan arus lalulintas macet.

Kemacetan panjang pun terjadi dijalur yang sedang ramai kendaraan karena musim liburan tersebut. Petugas lalu lintas yang datang ke lokasi menjadi kuwalahan mengatur arus yang macet akibat terhalang badan bus.

“Dilokasi itu memang terjadi antrian panjang kendaraan, semua kendaran berjalan lambat, karwna sedang ada proyek galian. Namun bus tetap saja nyelonong mendahului kendaraan didepanya melalui jalur kiri, akhirnya terperosok,” jelas Yusmanto.

Kemacetan baru dapat terurai setelah petugas berhasil mengevakuasi bus dari jerembaban lobang galian dengan menggunakan mobil derek. Selanjutnya karena telah melakukan pelanggaran dengan mendahului dari arah kiri, bus beserta sopirnya diamankan di Mapolres Nganjuk.

Petugas satlantas polres nganjuk memberikan sangsi berupa tilang kepad sopir tersebut dengan pelanggaran, melanggar marka jalan, kendraan, ber penumpang melebihi kapasitas, serata melaju  dengan kecepatan tingi.

Kasatlantas Polres Nganjuk, AKP Bayu Prasatyo, saat dikonfirmasi @dakitanews.com melalui Kanit Laka, IPTU  Rony Andreas menjelaskan, dua kecelakaan lalulintas di jalan raya Surabaya-Madiun sama-sama melibatkan bus PO SSugengRahayu. Pihaknya mengamankan kedua kendsraan milik PO tersebut untuk proses hukum lebih lanjut.

“Korban hanya luka ringan saja, dan semua kendaraan yang terlibat di dua tempat ini kita amankan beserta sopirnya ke Mapolres untuk proses lebih lanjut,” terang Iptu Rony. (Jati)