ADAKITANEWS, Jombang – Dua pelajar Pondok Pesantren Tambakberas Kabupaten Jombang memberikan sumbangsih besar untuk mengharumkan nama sekolahnya. Salah satunya menyusul prestasi yang diperoleh mereka dalam kompetisi robotik internasional di dua negara yang berbeda.

Yusron Roziqin, 15, dan Muhammad Reza Hisbulloh, 13, merupakan siswa dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Tambakberas Jombang yang telah memenangi kejuaraan robotik di Singapura dan Thailand. Dalam ajang International Robot Competition Thailand (IRTC) dan Singapura Robotic Games (SRG) yang digelar pada 23-29 Januari 2018 di Thailand dan Singapura tersebut, mereka berhasil meraih juara 1 dengan mengalahkan berbagai kompetitor dari berbagai negara.

Yusron Roziqin saat diwawancarai mengaku sempat merasa tidak percaya diri ketika menghadapi kompetitornya dalam ajang robotik yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara itu. “Sempat tidak percaya diri saat di Singapura,” ujarnya.

Yusron Roziqin juga mengaku bahwa robot karyanya tersebut memiliki kekuatan ketahanan yang cukup kuat dibanding robot karya dari para kompetitornya. Hal tersebutlah yang membawa keberhasilannya pada kompetisi robotik internasional itu.

Selain itu, latihan setiap hari yang dilakukannya juga menjadi modal utama terkait keberhasilan tersebut. “Kita robotnya tangguh, yang lain pada banyak yang hancur saat kompetisi. Kebanyakan yang lain menggunakan lego. Untuk persiapannya sendiri kami biasanya berlatih hingga 4 sampai 5 jam sehari,” ujar Yusron Roziqin saat diwawancarai, Selasa (30/01).

Untuk kompetisi tersebut, Yusron Roziqin mengatakan bahwa dirinya bersama tim menggunakan lima robot yang dirakitnya sendiri. “Ada 5 robot. Robot shoker, robot analog, robot school dan robot under water,” paparnya.

Keberhasilan dari dua pelajar tersebut disambut bangga oleh pihak MTsN 3 Tambakberas Jombang. Setibanya di sekolah, keduanya langsung disambut oleh Kepala MTsN 3 Tambakberas dengan memberikan rangkaian bunga dan juga sambutan dari seluruh siswa MTsN 3 Tambakberas.

Kepala MTsN 3 Tambakberas Jombang, H Moch Syuaib SAg Mpdi bersyukur atas keberhasilan kedua siswanya tersebut. Kedepan ia mengatakan akan terus meningkatkan prestasi dari sekolahnya. “Kami bersyukur kepada Allah SWT, kami hari bahagia dan bangga atas keberhasilan siswa kami di kompetisi robot internasional,” ucapnya.

H Moch Syuaib juga menjelaskan bahwa program ekstrakurikuler robotik di sekolahnya sudah dimulai sejak satu tahun terakhir. Setelah robotik masuk sebagai salah satu item pada program ekstra kurikuler, sejumlah ajang perlombaan diikuti oleh siswa MTsN 3 Tambak Beras. Mulai ajang bertaraf regional, nasional, maupun internasional.

“Ekstra kurikuler yang kami lakukan pada hari Sabtu dan Ahad, alhamdulillah menuai hasil yang luar biasa. Siswa kami berhasil menjuarai kompetisi robotik internasional,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Kedua pelajar MTsN 3 Tambakberas, pemenang lomba robotik internasional.(foto:adi rosul)