ADAKITANEWS, Sidoarjo – Kasus dugaan korupsi di lingkup Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (DP3) Sidoarjo diduga akan menyeret sejumlah nama lain pada kasus yang merugikan uang negara senilai Rp 11 miliar tersebut.

Selain Kasubag Perencanaan DP3, Lukman Saleh yang sudah ditahan, rekanan hingga kuasa pengguna anggaran disinyalir mengetahui adanya pelanggaran terhadap pengerjaan proyek Penunjukan Langsung (PL) tersebut.

Kasi Pidana Khusus Kejari Sidoarjo, Adi Harsanto mengatakan, mantan Kepala DP3 Sidoarjo, Anik Pujiastuti sebagai kuasa pengguna anggaran juga telah diperiksa. Tak terkecuali 30 rekanan yang mendapat proyek PL juga telah dimintai keterangan sebagai saksi. “Kami sudah kantongi sejumlah bukti lain dari dugaan keterlibatan orang lain,” jelasnya, Kamis (05/10).

Menurutnya, ada kongkalikong untuk mendapatkan jatah dari proyek yang totalnya senilai Rp 16,8 miliar tersebut. “Kerjasama itu untuk mendapatkan keuntungan yang akhirnya membuat sejumlah pengerjaan tidak sesuai dengan aturan. Ada proyek yang ala kadarnya di sejumlah titik,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini penyidik terus berupaya untuk menyimpulkan data dari alat bukti yang sudah diamankan. Sejumlah dokumen yang disita penyidik juga telah menunjukkan ada keterlibatan orang lain yang harus dimintai pertanggungjawaban. “Kita lihat saja nanti. Ada banyak tersangka bisa saja terjadi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini penyidik telah menetapkan satu tersangka yakni Lukman Saleh. Pejabat Teknis Pengadaan yang juga menjabat sebagai Kasubag Perencanaan DP3 Sidoarjo itu dianggap bersalah karena bertanggungjawab atas pengerjaan proyek PL asal-asalan itu.

Proyek tersebut meliputi pembangunan rumah dan pompa, pengembangan jaringan irigasi, pembangunan jaringan irigasi, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan rumah dan pompa dan pembangunan jaringan irigasi tersier.(pur)

Keterangan gambar : Tersangka kasus dugaan korupsi DP3 Pemkab Sidoarjo, Lukman Saleh saat ditahan tim penyidik Pidsus, Kejari Sidoarjo pada Senin (02/10) lalu.(dok adakitanews.com)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/021017-pur-sidoarjo-dp3-3-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/021017-pur-sidoarjo-dp3-3-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,kejaksaan negeri sidoarjo,korupsi,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo – Kasus dugaan korupsi di lingkup Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (DP3) Sidoarjo diduga akan menyeret sejumlah nama lain pada kasus yang merugikan uang negara senilai Rp 11 miliar tersebut. Selain Kasubag Perencanaan DP3, Lukman Saleh yang sudah ditahan, rekanan hingga kuasa pengguna anggaran disinyalir mengetahui adanya pelanggaran...