ADAKITANEWS, Kediri – Berbagai potensi wisata yang ada di Kabupaten Kediri, menarik perhatian para mahasiswa untuk terus bisa mengembangkannya. Salah satunya dengan membuat sebuah buku katalog wisata, agar nantinya bisa dibaca oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kediri.

Katalog yang disusun oleh para mahasiswa dari Universitas Nusantara PGRI (UN PGRI) Kediri tersebut, berisi tentang berbagai obyek wisata khususnya yang ada di Desa Joho Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

Mohammad Tsabit, selaku koordinator pariwisata mahasiswa UN PGRI Kediri yang saat itu menggelar KKN (Kuliah Kerja Nyata) di kawasan wisata Desa Joho mengatakan, buku katalog tersebut selain diberikan kepada pemerintah desa setempat, rencananya juga akan tersedia di beberapa instansi terkait.

“Kami akan merangkul seluruh instansi terkait, termasuk juga akan menyebarluaskan buku katalog tersebut melalui media sosial,” katanya usai acara penutupan KKN Tematik Posdaya 054 UN PGRI Kediri yang diramu dalam agenda Jalan Santai, Minggu (11/03).

Tsabit menjelaskan, katalog tersebut dibuat untuk lebih mengenalkan berbagai potensi wisata di Kabupaten Kediri, khususnya di Desa Joho Kecamatan Semen.

“Di Joho ada berbagai potensi wisata yang sangat menarik. Diantaranya ada wisata Sumber Podang, rafting, Gua Laron, peternakan lebah, Gua Landak, Kampung Kelir, serta masih banyak lagi,” tambahnya.

Tak hanya membuat buku katalog wisata, sebanyak 105 mahasiswa yang menggelar kegiatan KKN di Desa Joho selama sekitar 1 bulan itu juga membuat sebuah taman baca.

Taman baca sederhana yang berada di serambi salah satu musala itu, berisi berbagai macam buku yang bisa dibaca oleh seluruh kalangan umur, terutama pelajar.

Contohnya Prisa Oktavia, siswi kelas 6 Sekolah Dasar yang mengaku senang membaca buku-buku cerita dan pelajaran. “Disini bukunya banyak. Juga sering diajari oleh kakak-kakak mahasiswa,” celotehnya.

Dengan dilaunchingnya buku wisata Desa Joho dan Taman Baca tersebut, para mahasiswa berharap hal itu bisa meningkatkan potensi wisata yang ada, sekaligus menambah pengetahuan bagi para generasi muda.(kur)

Keterangan gambar: Buku Katalog Wisata Desa Joho yang diberikan oleh perwakilan mahasiswa kepada Pemerintah Desa. (bawah) Kegiatan anak-anak Desa Joho di Taman Baca.(foto: kurniawan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/110318-kur-kediri-katalog-3-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/110318-kur-kediri-katalog-3-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,kediri,perpustakaan,UN PGRI Kediri,wisata
ADAKITANEWS, Kediri - Berbagai potensi wisata yang ada di Kabupaten Kediri, menarik perhatian para mahasiswa untuk terus bisa mengembangkannya. Salah satunya dengan membuat sebuah buku katalog wisata, agar nantinya bisa dibaca oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kediri. Katalog yang disusun oleh para mahasiswa dari Universitas Nusantara PGRI (UN PGRI)...