ADAKITANEWS, Blitar – Perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blitar memiliki beberapa dampak. Salah satunya seperti peralihan fungsi gedung di Dinas Peternakan dan Perikanan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar, Mashudi mengatakan, dampak dari perampingan OPD yang dilakukan tahun lalu membuat salah satu gedung milik Pemerintah Kabupaten Blitar, yakni gedung bekas kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) yang berada di jalan Sudanco Supriyadi nomor 76 Kota Blitar, saat ini beralih fungsi menjadi laboratorium perikanan.

“Peralihan fungsi ini tentu karena perampingan OPD yang sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu,” kata Mashudi, Rabu (27/12).

Mashudi mengaku, hal ini bisa dilakukan karena DKP sudah dilebur dan bergabung dengan Dinas Peternakan, sehingga semua pegawai dipindah ke kantor Dinas Peternakan dan Perikanan yang berada di Jalan Hos Cokroaminoto.

“Sebelumnya gedung eks kantor DKP memang sepi aktivitas. Tapi hal itu tidak berlangsung lama karena saat ini gedung tersebut sudah dimanfaatkan sebagai laboratorium perikanan,” jelasnya.

Mashudi menambahkan, pihaknya saat ini memiliki dua laboratorium perikanan. Yakni laboratorium perikanan pusat yang ada di gedung bekas kantor eks DKP, dan laboratorium kedua berupa mobile atau laboratorium perikanan keliling.

“Sampai saat ini kita sudah punya 2 laboratorium perikanan, termasuk yang berada di eks DKP,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kantor DKP yang beralih fungsi menjadi laboratorium perikanan.(foto : fathan)