Empat Pasien Rawat Inap Puskesmas Grogol Mati Misterius

3384

Foto0150ADAKITANEWS, Kediri – Selama kurun waktu sebelas bulan ini, ada empat pasien rawat inap meninggal dunia di Puskesmas Grogol. Anehnya, penyebab kematian keempat pasien tersebut belum diketahui secara medis. dr. Arni Sufilianti Kepala UPTD Puskesmas Grogol menuturkan, pagi tadi sekitar pukul 06.15 WIB seorang balita 3,5 tahun yang bernama Elsa putri Edi Mukarromah asal Desa Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri meninggal dunia tanpa sebab.

Informasi yang dihimpun adakitanews.com, sejak September lalu UPTD Puskesmas Grogol mulai beroprasi kembali setelah mengalami kevakuman beberapa waktu silam. Selama sebelas bulan ini, tercatat ada empat pasien rawat inap di Puskesmas tersebut telah meninggal dunia tanpa diketetahui penyebab kematiannya secara medis.

“Selain keteledoran (Human error – red) para pegawai, kita akui peralatan dan obat – obatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri sangat minim,” ungkap dr. Arni Sufilianti Kepala UPTD Puskesmas Grogol, Rabu (24/08).20160824_121054

Menurutnya, selama ini pihak Puskesmas merasa kesulitan pada saat memberikan keterangan penyebab kematian para pasiennya. Pasalnya, petugas Puskesmas masih terkendala minimnya sarana dan prasarana. “Kita masih belum punya laboratorium, sehingga menyulitkan petugas untuk mengetahui penyebab kematian pasien secara medis,” jelasnya.

Sementara Edi Mukarromah menjelaskan sejak hari Selasa (23/08) pukul 06.00 WIB anak ketiganya yang bernama Elsa telah dirawat di Puskesmas Grogol selama 24 jam secara intensive. Namun anehnya, penanganan dari pihak Puskesmas masih sangat lamban untuk merujuk sang anak hingga mengakibatkan kematian. “Tentunya kami bersedih atas kematian Elsa. Sebelum meninggal Elsa sempat mengalami kejang dan mengeratkan giginya,” terangnya.20160824_120649

Ulum warga Wonoasari juga mengeluhkan profesionalitas para pegawai Puskesmas Grogol dalam melayani pasiennya. Ia menambahkan, beberapa bulan lalu orang tuanya meninggal dunia saat menjalani rawat inap di Puskesmas tersebut. “Fasilitasnya sangat buruk dan selalu mengesampingkan para pasien yang kurang mampu serta pengguna kartu BPJS,” urainya.

Untuk diketahui, Puskesmas Grogol memiliki tiga dokter yakni dua dokter umum dan satu dokter poli gigi. Selain itu ada tujuh belas perawat dari PNS maupun sukwan.(blot)

Keterangan Gambar: Elsa sebelum meninggal dunia. Serta kondisi ruang laboratorium yang tidak tertata rapi dan ruang rawat inap yang berlantai kotor. (Foto: Doc. Edi Mukarromah)