Era Teknologi, Perpustakaan Kota Kediri Ditinggal Pengunjung

2016-05-26_20.33.18ADAKITANEWS, Kota Kediri- Perpustakaan Kota Kediri yang berlokasi di Jl. Diponegoro selalu sepi pengunjung. Pasalnya, minat baca masyarakat terhadap buku-buku pokok sudah mulai luntur akibat kecanggihan teknologi.

Beberapa pengunjung, nampak fokus membaca berbagai jenis buku yang diambilnya dari deretan rak. Setiap rak buku yang berjajar rapi tersebut, memiliki jenis, kode dan alamat pencarian yang mudah diingat oleh pengunjungnya. Namun, fasilitas dan pelayanan yang bagus itu, tidak diimbangi semangat para masyarakatnya untuk mengeksploitasi pengetahuan yang disimpan dalam deretan huruf dan abjad tersebut.

“Pengunjungnya hanya ini, bisa dihitung jari,”ungkap Dewi seorang mahasiswi yang lagi mencari buku refrensi tugas akhir, Kamis(26/05).

Menurut Dewi, minimnya para pengunjung juga disebabkan oleh teknologi yang semakin canggih. Bayangkan saja, imbuh Dewi, sekali browsing di internet semua ulasan buku dan artikel ilmiah mampu kita dapatkan dengan mudah tanpa pusing-pusing mencari buku dalam deretan rak yang panjang.

“Teknologi sudah menyajikan semua kebutuhan buku dan refrensinya secara mudah. Jadi, pembaca lebih sering ke warnet dari pada ke perpus,”jelasnya.

Sementara petugas piket perpustakaan Kota Kediri saat dimintai keterangan terkait minimnya para pengunjung enggan memberikan komentar.(blot)

Keterangan Gambar: Kursi dan meja kosong, akibat minimnya pengunjung.

Recommended For You