ADAKITANEWS, Kota Madiun – Hari jadi Kota Madiun ke-99 jatuh pada Selasa, (20/06). Dalam peringatannya, Pemkot Madiun mengadakan banyak kegiatan yang bertemakan kebudayaan. Khususnya kebudayaan Jawa, seperti wayang kulit, campur sari, macapat, panembrono, ketoprak, keroncong, sendra tari serta lainnya.

Mengawali rangkaian kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Madiun melaksanakan upacara peringatan HUT ke-99 Kota Madiun di halaman Balaikota Madiun, dan dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto.

Dalam sambutannya, Wawali berpesan jika saat ini adalah sebagai momentum evaluasi terhadap diri masing-masing masyarakat Kota Madiun, sejauh dan seberapa banyak sumbangsih yang sudah diberikan kepada Kota Madiun ini.

Selain itu Sugeng Rismiyanto juga menyampaikan jika dari sisi kemajuan ekonomi dengan ditetapkannya Kota Madiun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur bagian barat, maka akan menjadi daya tarik masyarakat wilayah lainnya untuk masuk ke Kota Madiun.

“Hal di atas otomatis berpengaruh terhadap degradasi serta kualitas kehidupan sosial, budaya serta lingkungan hidup,” urai Wakil Walikota.

Ia menambahkan, tidak dipungkiri hingga saat ini kemajuan serta keberhasilan pembangunan fisik di Kota Madiun sangat menggoda masyarakat lain untuk masuk ke Madiun. Yakni dengan berbagai alasan seperti menempuh pendidikan, berbisnis, berdagang, ataupun hanya sekedar mencari tempat tinggal yang berada di wilayah Kota Madiun. Hal tersebut, lanjut Wawali, menunjukkan jika dari tahun ke tahun akan muncul banyak masyarakat baru dengan latar serta asal usul yang berbeda.

Sebagai antisipasinya, Sugeng Rismiyanto menyampaikan perlunya menjaga kualitas lingkungan hidup agar selalu menjadi kota yang layak huni dengan ekologi wawasan lingkungan hidup. “Makna sarana mawas diri dan meningkatkan pentingnya menjaga keseimbangan antara manusia dengan Tuhan, alam, serta manusia lainnya,” pungkasnya.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh unsur Fokompimda Kota Madiun, PKK Kota Madiun, pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Madiun, serta perwakilan pelajar. Sementara untuk rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-99 Kota Madiun, akan dilaksanakan mulai 3 Juli 2017 di alun-alun Kota Madiun serta aula kecamatan yang ada di Kota Madiun.(bud)

Keterangan gambar : Upacara HUT ke-99 Kota Madiun.(foto : budiyanto)