Festival Hadrah Al Banjari se-Kediri Raya di Bulan Ramadan Sebagai Wadah Kegiatan Positif Bagi Pemuda

Kediri(adakitanews.com)—Ada banyak cara untuk mengisi bulan suci Ramadan. Salah satunya melalui festival Hadrah Al Banjari yang digelar oleh Pemerintah Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri di kawasan Wisata Ragil Kuning Desa Krenceng.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk semarak di bulan suci Ramadan di tahun 2022 ini,” terang Sumari, Kepala Desa Krenceng, Minggu, (10/4/2022).

Sumari mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan guna mewadahi para pemuda-pemudi di wilayah Karisedenan Kediri supaya dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, terlebih di bulan suci Ramadan. Nantinya kegiatan akan dilaksanakan setiap Hari Minggu pada bulan Ramadan ini.

“Saya percaya sesuatu yang positif akan berdampak baik pula untuk diri sendiri dan orang disekitar kita,” imbuh Sumari.

Sementara itu, Ketua Bumdes Krenceng, M. Iqbal menjelaskan jika selain festival Hadrah Al Banjari juga dilakukan kegiatan bazar Ramadan. Dimana dalam acara ini seluruh elemen masyarakat desa dilibatkan. Seperti PKK, Kader Posyandu, serta perwakilan dusun setempat.

“Ada stand kuliner dari produk UMKM asli desa serta banyak olahan makanan. Harapannya juga bisa menambah ekonomi untuk warga Krenceng selain itu juga bisa mempromosikan wisata desa ini,” jelasnya.

Guna mengantisipasi kerumunan, kegiatan ini dilaksanakan dengan ketat. Pihaknya mengatakan penerapan protokol kesehatan tetap menjadi pertimbangan utama dalam terselenggaranya acara ini.

Selain itu, untuk masyarakat Kediri yang ingin menonton langsung ke lokasi juga bisa datang. Perlombaan ini sendiri digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 10, 17 dan 24 April 2022, diikuti oleh grup hadrah se-Kediri Raya.

“Saya tidak mengira, sejak dibuka pendaftarannya, antusiasnya cukup besar, dan pada kesempatan kali ini ada total 30 grup yang berkompetisi untuk mendapatkan juara,” ungkapnya.

Seluruh peserta ini akan diberikan kesempatan untuk tampil mempersembahkan penampilan terbaiknya. Mereka memperebutkan tropi, piagam dan sejumlah uang pembinaan.

“Saya berharap seluruh peserta dapat tampil dengan maksimal dan iklas, membawa semangat ibadah di bulan suci Ramadan ini,” pungkas M. Iqbal.(Gar).

Recommended For You