Kediri(adakitanews.com)—Menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Kediri melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar Pamenang Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Kamis siang (21/4/2022).

Dalam Sidak tersebut hadir, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho S.I.K dan Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri. Sidak dilakukan di Pasar Pamenang Pare ini dengan tujuan untuk memantau harga kebutuhan pokok dan minyak goreng.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan mengecek harga sembako dan minyak goreng serta membagikan masker.

“Kita tanya ke beberapa pedagang termasuk ke salah satu supplier utama pasar ini untuk minyak goreng tidak ada kendala,” ungkapnya.

Menurut Mas Dhito sapaan akrab Bupati Kediri, di dua minggu terakhir harga minyak goreng curah sudah dalam keadaan stabil.

Ia menilai sudah relatif tidak ada permasalahan sampai dengan lebaran. Bupati menambahkan, begitu pun juga harga kebutuhan pokok yang tidak mengalami kenaikan secara signifikan.

“Tadi ada kedelai yang naik sedikit, itu pun kuantitasnya besaran dari kedelainya yang dikurangi bukan harganya yang naik,” ucapnya.

Selain itu, ia menyebutkan, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan karena harga bahan pokok akan aman sampai dengan lebaran. Begitu juga untuk minyak goreng curah yang selama dua minggu terakhir sudah mulai normal di angka Rp 16 ribu per liter.

“Semoga saja semua bahan kebutuhan pokok ini dalam keadaan aman,” ungkap Dhito.

Sementara itu, Plt Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih mengatakan, pemantau akan oleh pemerintah akan terus di perketat hingga seminggu sebelum lebaran.

Ia mestikan jumlah stok minyak goreng curah di pasar Pamenang aman hingga lebaran. Sebab, setiap harinya pasokan Migor curah dapat mencapai 2 ton.

” Saya berharap harga-harga bahan pokok di Kabupaten Kediri stabil hingga lebaran, oleh karena itu kita terus melakukan gerak cepat jika ada kenaikan harga, insallah sampai lebaran harga stabil,” pungkasnya.(Gar).