width=

ADAKITANEWS, Kediri – Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri menanggapi surat dari 2 Pondok Pesantren, yakni Ponpes Keling dan Ponpes Kencong di Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Dalam isi suratnya, kedua Ponpes mengaku sangat terganggu dengan adanya kandang ayam yang sangat berefek buruk bagi kesehatan.

Komisi A DPRD Kabupaten Kediri kemudian mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan mengundang seluruh pihak terkait, termasuk kedua perwakilan pengurus Ponpes, di ruang Joyoboyo Gedung DPRD, Selasa (21/03).

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kediri, Edy Suprapto mengatakan bahwa efek samping adanya kandang ayam ini sangat membahayakan warga maupun santri pondok tersebut. “Selain baunya tak sedap, beberapa santri ada yang sakit bahkan sampai meninggal dunia. Kalau tidak salah yang meninggal namanya Tegar dari Jawa Tengah,” cakapnya pada Tim Adakitanews.com pada Selasa (21/03) sore.

Keputusan dari RDP sore ini, ada 5 syarat yang diminta oleh Komisi A kepada pihak pengelola kandang. Yakni harus tidak berbau lagi, pengelola wajib segera mengurus izin, harus tidak ada komplain dari masyarakat, menghilangkan efek negatif dari kandang ayam tersebut, dan bertanggungjawab jika timbul korban selanjutnya.

“Keputusannya saya beri waktu satu minggu untuk menyelesaikan 5 item persyaratan tersebut. Jika tidak bisa memenuhi, kandang ayam itu akan kami rekomendasikan untuk ditutup,” imbuh Edy Suprapto.(kdr4)

Keterangan gambar : Rapat Dengar Pendapat (RDP) diruang DPRD Kabupaten Kediri bersama, Kasatpol PP, dan juga salah satu perwakilan dari Dinas Perizinan.(foto:fasihhuddin kholili)