ADAKITANEWS, Sidoarjo – Warga Desa Kebonagung Kecamatan Porong digegerkan dengan fenomena alam, munculnya sumber mata air sedalam 50 sentimeter, Minggu (09/04). Sumber air yang jernih dan terasa hangat ini, terletak di Dusun Kendal RT 26/RW 5, tepatnya di depan halaman rumah Kepala Desa Kebonagung, Sumanto Dwi Retno.

Warga percaya air tersebut dapat menyembuhkan segala jenis penyakit. Tak ayal, kabar tersebut membuat warga penasaran dan berbondong-bondong untuk melihat sumber air tersebut.

Fenomena alam itu muncul pada Sabtu (08/04) sekitar pukul 07.00 WIB. Sumber air tersebut pertama kali diketahui oleh Glendang, 50, warga setempat yang saat itu sedang duduk-duduk di teras rumah. Ia yang kaget saat melihat kepulan asap putih kemudian penasaran dan mendatangi sumber asap tersebut.

“Saya melapor ke Pak Kades, akhirnya bersama warga kami melakukan penggalian sedalam 50 sentimeter. Sumber mata air hangat langsung keluar dari rongga-rongga tanah,” ujarnya.

Masih kata Glendang, ia mengaku sebulan lalu, saat dirinya sedang duduk-duduk di depan teras melihat cahaya berwarna hijau, yang kemudian beberapa saat berganti warna biru dan merah. “Rencananya mau saya ambil, namun warna merah menyerupai bola api semakin membesar. Saya ketakutan, dan lari ke dalam rumah. Setelah itu, saya tidak menggubrisnya lagi. Tapi saya tidak tahu itu firasat atau tidak,” ungkapnya.

Anehnya sejak digali warga dan airnya dikonsumsi serta diambil menggunakan botol maupun jeriken, sumber tersebut tidak juga surut. Padahal warga yang datang sudah banyak. Warga pun akhirnya meyakini air tersebut dapat menyembuhkan segala penyakit.

Sementara itu Kades Kebonagung, Sumanto Dwi Retno mengatakan awalnya dirinya tidak percaya dengan sumber air tersebut. “Namun setelah melihat dengan kasat mata, saya baru yakin. Semenjak kejadian ini, warga Tambakrejo,Porong dan sekitarnya banyak yang mengambil air di sumber ini,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan Gambar : Sumber air hangat di halaman rumah Kades Kebonagung, dan warga yang berbondong-bondong mengambil air sumber tersebut.(ist)