ADAKITANEWS, Kota Madiun – Tiga orang perempuan dan satu laki-laki pengangguran asal Kota dan Kabupaten Madiun ditangkap jajaran Satreskrim Polres Madiun Kota lantaran terlibat aksi penggelapan. Mereka sengaja menggadaikan kamera yang sebelumnya disewa dari sebuah lokasi rental.

Keempat tersangka yakni Muhamad, 18, warga Kelurahan Demangan Kota Madiun, Ikayanti, 24, warga Desa Pacinan Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, Ernawati, 23, warga Desa Krandegan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun, dan Amanda Octiana, 20, warga Desa Genengan Kelurahan Oro Oro Ombo Kota Madiun.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, keempat tersangka awalnya menyewa sebuah kamera Canon DLSR selama dua hari seharga Rp 144 ribu di sebuah persewaan Rumah Ireng, kawasan Kelurahan Oro Oro Ombo Kota Madiun, Jumat (09/12/16) lalu. Namun kemudian, kamera tersebut mereka gadaikan dengan harga Rp 1,3 juta. Untuk mengelabuhi pemilik, keempat berpura-pura memperpanjang masa sewa kamera tersebut.

“Tapi pemilik rental curiga karena hingga tanggal 21 Desember 2016 penyewa mulai sulit dihubungi hingga akhirnya korban melapor ke Polsek Kartohardjo. Dari pengembangan penyidik Polres Madiun Kota, diperoleh keterangan uang tersebut dipergunakan untuk menyewa kendaraan bermotor, hingga total ada 6 TKP di wilayah hukum Kota dan Kabupaten Madiun,” ujar Kasubbag Humas Polres Madiun Kota, AKP Ida Royani, Selasa (17/01).

AKP Ida menambahkan, dari empat tersangka, dua diantaranya berstatus sebagai residivis. Yakni Ikayanti dan Ernawati, yang sebelumnya juga pernah tersangkut perkara yang sama yaitu penggelapan. Barang bukti yang disita dari tersangka adalah satu unit kamera DSLR merek Canon, tas wanita, KTP milik tersangka, dan bukti surat perjanjian sewa menyewa. “Keempat tersangka diancam dengan pasal 372 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara,” tegas AKP Ida Royani.(bud)

Keterangan Gambar : Empat tersangka beserta barang bukti.(foto: budiyanto)