width=

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Setiap tahunnya, sehari menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI, warga di Kelurahan Singonegaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri terus menjaga tradisi berupa acara tasyakuran. Selain mengucap syukur atas kemerdekaan yang sudah diraih oleh Bangsa Indonesia, kegiatan tersebut juga dilakukan agar kerukunan tetap terjalin diantara seluruh warga.

Ketua RT 13/RW 3 Kelurahan Singonegaran, Ashari mengatakan, selain diikuti oleh seluruh warga di lingkungannya, kegiatan tasyakuran itu juga dihadiri oleh warga lain yang kebetulan tinggal di RT tersebut. “Tujuannya agar terus tercipta kerukunan antar warga,” ujarnya di sela-sela acara, Rabu (16/08) malam.

Ashari menambahkan, meski hanya berupa acara sederhana, namun kegiatan tasyakuran itu memiliki makna yang luar biasa. “Ini semuanya hasil swadaya warga. Kita bersyukur bahwa Indonesia telah merdeka, dan harapannya kita tetap hidup dengan tenteram, serta warga terus menjaga kerukunan,” imbuhnya.

Acara yang dimulai sekitar 20.00 WIB tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta beberapa lagu-lagu bertema kemerdekaan, yang tujuannya untuk terus memupuk rasa cinta tanah air bagi warga.

Di akhir acara, warga bersama-sama memotong tumpeng yang di bagian atasnya telah diberi hiasan berupa bendera merah putih sekaligus tulisan HUT RI ke-72. Tumpeng tersebut kemudian dibagikan untuk dinikmati oleh seluruh warga yang hadir sebagai simbol kebersamaan di lingkungan RT 13/RW 3.(kur)

Keterangan gambar: Kegiatan tasyakuran warga RT 13/RW 3 Kelurahan Singonegaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri.(foto: kurniawan)