ADAKITANEWS, Sidoarjo – Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo melakukan penggeledahan di kantor Pabrik Gula (PG) Krembung yang ada di Desa/Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo, Rabu (30/08) sekitar pukul 11.00 WIB. Tim yang terdiri para Kepala Seksi (Kasi) ini, juga dikawal 2 orang petugas keamanan Kejari Sidoarjo serta sejumlah anggota Polsek Krembung dan Polresta Sidoarjo.

Para penyidik yang mengenakan seragam Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi itu langsung menuju sejumlah ruangan seperti ruang Manajer AK dan U, Manajer SDM, General Manajer, TUK, dan ruang administrasi lainnya untuk menemukan sejumlah dokumen yang dibutuhkan.

Kasi Intel Kejari Sidoarjo, Andri Tri Wibowo mengatakan penggeledahan ini merupakan bagian dari penyidikan terkait pengelolaan keuangan di PTPN X PG Krembung. “Penyidikan ini terkait kasus dugaan pungutan liar (Pungli) yang dibebankan ke para petani tebu. Namun tidak menutup kemungkinan pendalaman perkaranya ke pengelolaan keuangan lainnya,” jelasnya.

Selain menyita sejumlah dokumen dan komputer kerja, tim penyidik juga menyegel dua laci milik Manajer Keuangan lantaran keduanya tidak bisa dibuka. “Terpaksa kami segel. Nanti biar pemilik ruangan yang membuka kedua laci itu. Kami tidak akan membuka paksa,” ujarnya.

Andri Tri Widodo menambahkan, penyitaan terpaksa dilakukan karena adanya dugaan korupsi yang sangat terstruktur dan tersistem dalam pengelolaan keuangan itu. “Hitungan sementara kami ada kurang lebih Rp 1,6 miliar uang pungutan mulai tahun 2015 hingga 2017. Pungutan tersistemis dan terstruktur itu semua sudah terekam dan terbukukan. Namun beban biaya pungutan ke petani tebu itu, bisa dipastikan tidak memiliki dasar dan aturan sama sekali,” imbuhnya.

Andri mengatakan perkara ini sudah dinaikkan ke penyidikan umum. Namun ia mengatakan belum ada tersangkanya. “Secepatnya kami akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Karena penyidik mulai kemarin sudah turun ke lapangan. Untuk mendapatkan data yang sangat valid tim penyidik melakukan penggeledahan ini,” pungkasnya.(pur)

Keterangan gambar : Tim Penyidik Kejari Sidoarjo saat melakukan penggeledahan di kantor PG Krembung.(ist)