ADAKITANEWS, Blitar – Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis (TB) yang jatuh setiap tanggal 24 Maret, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar menggelar kegiatan Gerakan Ketuk Seribu Pintu selama dua hari, mulai Selasa (21/03) hingga Rabu (22/03).

Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Talun dan Kecamatan Ponggok tersebut dimaksudkan untuk mencari penderita suspect TB, yang nantinya akan mendapatkan pengobatan hingga sembuh.

Pada acara pembukaan yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo, Kepala Dinkes Kabupaten Blitar, dr Kuspardani mengatakan Gerakan Ketuk Seribu Pintu bertujuan untuk mencari suspect terduga TB, dengan cara mendatangi rumah-rumah warga. “Pada kegiatan ini, kami menerjunkan puluhan kader TB untuk mendatangi rumah warga,” ungkapnya, Selasa (21/03).

Nantinya kader TB tersebut akan menanyakan anggota keluarga apakah ada yang batuk lebih dari dua minggu atau tidak. Para kader juga dibekali form pengisian yang kemudian akan diberikan ke masing-masing puskesmas. “Melalui Kader TB yang datang ke rumah-rumah warga, bisa bantu petugas kesehatan untuk mengetahui suspect TB,” ungkapnya.

dr Kuspardani menjelaskan, kegiatan sengaja dipusatkan di Kecamatan Talun dan Kecamatan Ponggok yang warganya banyak terkena TB. Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mengaku telah menerjunkan total 40 kader, dengan rincian 22 kader berada di Kecamatan Talun, sedangkan 18 kader di Kecamatan Ponggok. “Puluhan kader TB tersebut akan mendatangi rumah warga dari pintu ke pintu selama dua hari, dengan target seribu rumah,” tandasnya.

Ditambahkan dr Kuspardani, jika ada anggota keluarga yang terduga TB, nantinya akan diberi pot untuk dahak dan kader akan menulis data yang terduga TB tersebut. Pada peringatan Hari TB tahun ini, Dinkes akan memberantas TB melalui jargon “Toss TB” atau Temukan TB dan Obati Sampai Sembuh (Toss). “Melalui kegiatan ini kami berharap, terduga TB bisa segera ditemukan untuk menekan jumlan penderita TB di Kabupaten Blitar,” tambahnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana pembukaan peringatan Hari TB di Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.(ist)