P_IMG_20160309_062029ADAKITANEWS, Kota Kediri- Ratusan muslim dan muslimah se Kota Kediri, Rabu(09/03) menggelar shalat gerhana matahari di Masjid Agung setempat. Dalam ceramah agama, sang imam mengajak para jamaah untuk memperbanyak istigfar.

Para jamaah yang berbondong-bondong menuju Masjid Agung pada pukul 06.00 Wib, terlihat sangat ceria sekali menyambut shalat gerhana matahari. Dibeberapa titik, nampak jamaah sedang membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan berdzikir mensyukuri nikmat Tuhan.

“Gerhana matahari moment langka mas, jadi harus dispecialin lah,” ungkap Farida seorang mahasiswi semester akhir.

Menurut Farida, pagi ini dirasa berbeda dengan hari sebelumnya. Farida menambahkan, suasana Kota Kediri menjadi sangat sejuk dan nyaman meskipun aktifitas lebih banyak.”Pagi ini sungguh sejuk, beda sama hari biasanya,”jelasnya.

Sementara Abdul Hamid A. Qodir khatib yang ditunjuk oleh Ta’mir Masjid Agung menjelaskan, gerhana matahari adalah sebuah peritiwa langka yang menjadi tanda kebesaran Tuhan bagi hambanya yang bertaqwa.

“Gerhana matahari adalah sebuah kebesaran ilahi robbi,”urai sang khatib di depan ratusan jamaah.

Bagi Abdul Hamid A. Qodir, seharusnya dimoment gerhana matahari ini, kaum muslim memperbanyak istiqfar untuk mendekatkan diri kepada sang khaliq dengan ikhlas.”Marilah kita perbanyak amal shaleh,”terangnya.

Diakuinya, selain meningkatkan ibadah pada hari ini, jamaah juga mampu meningkatkan ukhuwah islamiyah sesama muslim agar cepat tercapai islam yang rahmatan lil alamin.

“Disini (Masjid Agung-red) kita juga bisa memperkuat ikatan persaudaraan,”tutupnya.(blot)

Keterangan Gambar: Suasana Khusuk sebelum shalat gerhana matahari