granat (1)@dakitanews Jombang – Warga Dusun Ngampel, Desa/Kecamatan Tembelang mendadak gempar. Pasalnya, saat sejumlah warga sibuk membersihkan parit yang biasa digunakan untuk pengairan sawah, tanpa sengaja menemukan sebuah granat berbentuk nanas. Tak pelak, warga langsung ketakutan karena granat tersebut diduga masih aktif. Tak ingin ambil resiko, warga segera laporkan temuan itu ke polsek setempat. Petugas pun langsung mengamankan granat tersebut ke Mapolres Jombang.

Penemuan granat yang diduga masih aktif tersebut, sekitar pukul 08.30. Wib. Sebelumnya, Sumarno,45, perangkat desa setempat beserta sejumlah warga melakukan kerja bakti membersihkan saluran pengairan sawah. Dengan menggunakan sejumlah cangkul dan peralatan seadanya, Sumarno dan beberapa warga mulai melakukan pembersihan parit. Sedangkan lainnya juga membersihkan ilalang yang menutupi pematang sawah.

Tak lama berselang, saat mengayunkan cangkulnya tanpa diduga mata cangkul menyentuh benda keras seperti besi. Penasaran, Sumarno segera memeriksa tanah yang dicangkulnya. Saat itulah dia melihat benda bulat yang menyerupai bahan peledak.

Dia semakin kaget, ketika dilihat seksama benda tersebut ternyata sebuah granat.Mendapati hal tersebut,Sumarno kontan ketakutan, khawatir benda tersebut dapat meledak sewaktu-waktu. “Setelah diambil, saya amati ternyata benda itu adalah granat. Ya takut meledak, saya segera laporkan ke polsek kalau menemukan benda tersebut,” katanya.

Mendapat laporan itu, beberapa petugas polsek setempat, bersama anggota Polres Jombang, langsung turun ke lokasi untuk melakukan penyisiran. Tapi setelah dilakukan penyisiran beberapa jam, petugas tak menemukan benda lain yang serupa. Bahkan, sejumlah warga yang juga mendengar kabar temuan tersebut, nampak memadati lokasi. Selanjutnya, petugas langsung mengamankan granat yang berukuran panjang 9 centimeter dan berdiameter 4 centimeter tersebut ke mapolres.

“Temuan tersebut dari laporan warga setempat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, granat tersebut langsung kami amankan ke Mapolres Jombang,” kata AKP Lely Bahtiar, Kasubbag Humas Polres Jombang, Selasa (2/12).(hanif/jati).

Keterangan Gambar : Pihak Polres Jombang saat menunjuk granat nanas yang ditemukan warga.