Gubernur Sultra Launching PLUT-KUMKM

@dakitanews Kendari – Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam resmi membuka Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah. (PLUT-KUMKM) Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari pukul 11.00 Wita. Rabu, (12/11).

PLUT-KUMKM sebagai program yang diharapkan mampu mensinergikan dan mengintegrasikan potensi sumber daya produktif, yang dimiliki pemerintah pusat dan daerah serta stakeholder terkait dalam rangka usaha penyediaan layanan, bagi pengembang koperasi, usaha mikro, usaha kecil dan menengah.

Pemerintah mengajak agar masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya para pelaku usaha mikro, usaha kecil dan menengah dapat lebih mengetahui dan memanfaatkan  fungsi pusat layanan usaha terpadu ini, ujar La Ode Andi Pili Kepala Dinas Koperasi mikro, usaha kecil dan menengah Sulawesi Tenggara.

“PLUT KUMKM ini akan memberikan tujuh layanan utama yaitu konsultasi bisnis, pendamping bisnis, Pelatihan bisnis dan teknis, promosi dan pemasaran, penguatan kelembagaan dan jaringan bisnis, layanan identifikasi potensi komoditas unggulan, layanan perpustakaan,” ujar La Ode Andi.

Gubernur Sultra Nur Alam memberikan apresiasinya atas program ini, “Saya berharap pusat layanan ini dapat sebagai pembanding dan kekuatan terhadap dunia usaha yang besar di negeri ini yang lahir dari semangat kerakyatan khususnya di Sulawesi”. harap Gubernur.

Gubernur juga mengajak pada seluruh pelaku usaha kecil dan menengah untuk senantiasa meningkatkan kapasitas agar menjadi pengusaha yang lebih kuat. “Melalui program ini mengajak kita untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha khususnya kecil dan menengah untuk menjadi pengusaha yang lebih kuat dan besar. Sehingga harapan bangsa untuk menumbuhkan pengusaha sebanyak 2% sampai akhir tahun akan tercapai”, lanjutnya.

Sementara Brahman Setiyo selaku Deputi Pengembangan dan Rekonstruksi Usaha Kementerian Koperasi dan UMKM berharap keberadaan PLUT dapat membesarkan usaha kecil dan menengah yang ada. “Melalui momentum ini kami dari kementerian koperasi dan UKM berharap pelaku usaha-usaha, koperasi dan UKM yang ada di Sulawesi Tenggara akan lebih besar lagi dengan keberadaan PLUT ini,” ujarnya. (alx)

Keterangan Gambar : 

Recommended For You